SKRIPSI

Penulis / NIM
NURJANA BOLI / 151416057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Nurjana Boli. 151 416 057. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim M.Si dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ƒ..."Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN 80 Kota Tengah Kota Gorontalo bahwa dalam proses pembelajaran yang di mulai dari tahap perencanaan dimana guru berupaya mengembangkan program pembelajaran yang telah disesuaikan dengan materi yang ada di kurikulum SKKD. Pada tahap pelaksanaan guru berupaya membuat kelas tetap kondusif, mengembangkan pembelajaran IPA dengan menggunakan tempat belajar yang bervariasi, bekerja sama dengan orang tua pada saat pembelajaran dilakukan di rumah, menggunakan media dan metode pembelajaran serta lingkungan untuk belajar. Tahap evaluasi pembelajaran guru berupaya untuk menggunakan metode pembelajaran seperti kolaborasi antara mata pelajaran untuk meningkatkan nilai-nilai karakter siswa, selalu memberikan soal evaluasi setiap akhir pembelajaran dan juga menindak lanjuti evaluasi pembelajaran pada akhir ujian semester. Untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran guru berupaya yaitu dengan selalu memberikan arahan kepada siswa untuk belajar melalui buku sekolah, televisi, radio, yang dimaksudkan dapat memberikan keringanan dan kemudahan bagi siswa yang tidak memiliki hp android agar bisa tetap belajar dan juga untuk semua siswa agar pengetahuan siswa akan tetap selalu berkembang.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011