Penulis / NIM
FATMAWATI ARNOL / 151416058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Fatmawati Arnol. 2020. Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa Melalui Media Ulat Kata Bergambar Di Kelas I SDN 9 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim., M.Pd. Pembimbing II Dr. Rusmin Husain., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui media ulat kata bergambar kemampuan literasi membaca siswa kelas I SDN 9 Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas I di SDN 9 Kabila melalui media ulat kata bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.
Hasil capaian pada observasi awal menunjukan bahwa dari 15 siswa hanya 3 siswa (20%) termasuk pada kategori mampu. Pada siklus I meningkat sebanyak 5 siswa (33%) yang mampu, 10 siswa (67%) termasuk pada kategori tidak mampu. Jumlah dan presentase tersebut meningkat pada siklus II menjadi 13 siswa (87%) yang mampu sedangkan sisanya 2 siswa (13%) yang tidak mampu dalam literasi membaca. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi membaca siswa melalui media ulat kata bergambar di kelas I SDN 9 Kabila Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci: Literasi Membaca, Media Ulat Kata Bergambar
ABSTRACT
Fatmawati Arnol. 2020. Improving Students Reading Literation Ability through Pictorial Caterpillar Medium at Class of I, SDN 9 Kabila of Bone Bolango District. Skripsi. Departement Of Elementary Teacher Education, Faculty of Educatio, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dra. Evi Hasim, M.Pd, and the co-supervisor is Dr. Rusmin Husain, M.Pd.
The problem statement of this research is whether or not the application of pictorial caterpillar as a learning medium can improve the class of I students reading literation ability at SDN 9 Kabila of Bone Bolango District. It aims at improving students reading literation ability through Pictorial Caterpillar Medium at class of I, SDN 9 Kabila of Bone Bolango District. The reseacrh method is classsroom action research.
Finding reveal that in the pre-observastion, only 3 out of 15 students (20%) are categorized able. However, in cycle I, it improves to be 5 students (33%) who are able, while there are still 10 students (67%) still categorized not able. Then, it improves more in cyle II in which there are 13 students (87%) categorized able although 2 students (13) are still not able. Hence, it can be concluded that the application of picrorial caterpillar medium can improve the students reading literation ability at class of I, SDN 9 Kabila of Bone Bolango District
Keywords: Reading Literation, Pictorial Caterpillar Medium
Download berkas