Penulis / NIM
LISNA PAKAYA / 151416059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Lisna Pakaya 2020, meningkatkan kemampuan literasi menulis permulaan menggunakan media kartu kata di kelas I SDN 9 Kabila, Jurusan Penididikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd.,M.Pd, Pembimbing II Dr.Wiwy T. Pulukadang, S.Pd,M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ..."Apakah media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan literasi menulis permulaan pada siswa kelas I SDN 9 Kabila?.Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I sebanyak 16 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki hasil belajar tuntas pada siklus I pertemuan 1 sebanyak 4 orang siswa dengan persentase 25%, pada Siklus I pertemuan 2 sebanyak 7 orang siswa dengan persentase 43%. Sedangkan pada Siklus II pertemuan 1 sebanyak 12 orang siswa dengan persentase 75%, dan pada Siklus II pertemuan 2 sebanyak 13 orang siswa dengan persentase 81%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indicator keberhasilan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu kata meningkatkan kemampuan literasi menulis permulaan di kelas I SDN 9 Kabila.
Kata Kunci : Literasi Menulis Permulaan, Media Kartu Kata
Abstract
Lisna Pakaya 2020, Improving Students Initial Writing Literation Ability Using Words Card media at Class of 1, SDN 9 Kabila, Department of elementary Teacher Education, Faculty of Education, State university of Gorontalo. The principical supervisor is Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd, and the co-supervisor is Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. The problem statement of this research is whether or not the application of words card media at Class of 1, SDN 9 Kabila can improve students initial writing literation ability, it applied classroom action research. The techniques of data collection were tes, observation, and documentation. The subjects of the research were 16 students of class 1. Findings reveal that only 4 students (25%) in meeting I of cycle I who completet in learning and improved to 7 students or 43% in meeting 2 of cycle I. Meanwhile, students who completed in learning in meeting I of cycle II were 12 students or 75% and improved to 13 students or 81% in meeting 2 of cycle II. The result in cycle II had exceeded the indicator of success; hence it can be concluded that the application of words card nedia at Class of I, SDN 9 Kabila can improve students initial writing literation ability.
Download berkas