SKRIPSI

Penulis / NIM
MILA KARNILA LAWANI / 151416062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Abstrak Mila Karnila Lawani. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IV di SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skipsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah melalui model mind mapping, kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV dapat meningkat?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas IV SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Pada observasi awal dari 26 siswa, yang mampu dalam menulis puisi sebanyak 7 siswa atau 27%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 16 siswa atau 61,54%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,62% atau 22 siswa dari 26 siswa yang ada di kelas IV SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi di kelas IV SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci : Menulis, Puisi, Model Mind Mapping Abstract Mila Karnila Lawani. 2020. Improving StudentĢs Poem Writing Skill through Mind Mapping Learning Model at Grade IV in SDN 88 Kota Tengah, Kota Gorontalo. Skripsi, Study Program of Bachelor of Elementary School Teacher Education, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd. and the Co-supervisor is Sumarni Mohamad, S.Pd., M.Pd. The research problem is revealed that can mind mapping model improve studentĢs poem writing skill? It aims to improve studentĢs poem writing skill through mind mapping learning model at grade IV in SDN 88 Kota Tengah, Kota Gorontalo. It is a classroom action research consisting of 2 cycles. The technique of data collection includes test, observation, and documentation. It reveals on the initial observation that out of 26 students, there are 7 or 27% of students who are able to write poem. In cycle I, it improves to 16 or 61,54%. In cycle II, it improves to 84,62% or 22 Students out of 26 students in grade IV of SDN 88 Kota Tengah, Kota Gorontalo. The Conclusion is mind mapping learning model at improve studentĢs skill in writing poem at grade IV of SDN 88 Kota Tengah, Kota Gorontalo. Keywords: Writing, Poem, Mind Mapping Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011