Penulis / NIM
RAMLAWATI BEKI / 151416063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Beki,Ramlawati A. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 6 Subtema 1 Di Kelas IV SDN 88 Kota Tengah, Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si, Dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran think talk write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 6 subtema 1 di Kelas IV SDN 88 Kota Tengah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran think talk write (TTW) pada muatan pelajaran IPA Tema 6 Susbtema 1 di Kelas IV SDN 88 Kota Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 27 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW) maka aktivitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 6 di kelas IV SDN 88 Kota Tengah akan meningkat. Berdasarkan hasil aktivitas belajar yang diperoleh siswa dalam mengerjakan LKPD pada siklus I dari kategori tuntas 29,63% dan pada siklus II dari kategori tuntas 96,30%. Hal ini juga dapat ditunjukkan dengan lembar aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II mencapai 93,75%. Dengan semikian dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV SDN 88 Kota Tengah.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Model Think Talk Write (TTW).
ABSTRACT
Beki, Ramlawati A. 2020. Increasing Student Learning Activities Through the Think Talk Write (TTW) Learning Model On Science Subject Content Theme 6 Sub-theme 1 In Class IV SDN 88 Kota Tengah, Thesis. PGSD Department, Faculty of Education, Gorontalo State University, Advisor I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si, and Supervisor II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. The formulation of the problem in this study is whether the think talk write (TTW) learning model can improve student learning activities in science subject content on theme 6 sub-theme 1 in Class IV SDN 88 Kota Tengah ?. The purpose of this study was to increase student learning activities through the think talk write (TTW) learning model on the subject matter of Science 6 Theme 1 in Class IV SDN 88 Kota Tengah. This type of research used in this study is a classroom action research with 27 students as research subjects. The hypothesis in this study is that if the teacher uses the think talk write (TTW) learning model, the student learning activities on the subject matter of science subject matter 6 in class IV SDN 88 Kota Tengah will increase. Based on the results of learning activities obtained by students in working on LKPD in the first cycle from the 29.63% complete category and in the second cycle from the 96.30% complete category. This can also be shown by the student learning activity sheet in the first cycle of 50% and in the second cycle it reached 93.75%. Thus it can be concluded that the Think Talk Write (TTW) model can increase student learning activities in grade IV SDN 88 Kota Tengah.
Keywords: Student Learning Activities, Think Talk Write (TTW) Model.
Download berkas