Penulis / NIM
AFRIJAY KOLY / 151416064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Koly, Afrijay. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Open-Ended Learning (OEL) Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 2 Sub Tema 1 Di Kelas IV SDN No.80 Kota Tengah Kota Gorontalo Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran Open-Ended Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema 2 Sub Tema 1 di kelas IV SDN No.80 Kota Tengah Kota Gorontalo? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Open-Ended Learning (OEL) pada muatan pelajaran IPA Tema 2 Sub Tema 1 di kelas IV SDN No.80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 28 orang siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ƒ..."jika guru menggunakan model pembelajaran Open-Ended Learning dalam pelajaran IPA Tema 2 Sub Tema 1 maka hasil belajar siswa kelas IV SDN No.80 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkatƒ‚. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada muatan pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 17 orang siswa dengan presentase 61%, sedangkan siklus II telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 24 orang siswa dengan presentase 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Open-Ended Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN No.80 Kota Tengah Kota Gorontalo
ABSTRACT
Koly, Afrijay. 2020. Improving Students Learning Outcomes by Using Open-Ended Learning (OEL) Model In Science (IPA) Subject of Theme 2 Sub-theme 1 in Class IV of SDN No. 80 Kota Tengah, Gorontalo City. Skripsi. Departement of Elementary Teacher Education, Facully of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
The problem statment of this whether or not the Open-Ended Learning model can improve stundents learning outcomes in Science subject pf Theme 2 Sub-theme 1 in class IV of SDN No. 80 Kota Tengah, Gorontalo City? This research aims to improve students learning outcomes by using the Open-Ended Learning (OEL) model in Science subject of Theme 2 Sub-theme 1 in class IV of SDN No. 80 Kota Tengah, Gorontalo City. This is classroom action research in which the subject is 28 students. The hypothesis of this ƒ..."teacher can improve students learning outcomes in Science subject of Theme 2 Sub-theme 1 in class IV of SDN No 80 kota Tengah, Gorontalo City by using the Open-Ended Learning modelƒ‚. The finding shows that in cycle, I , the students learning outcommes who have achieveded the minumum completenentss criteria of 75 in Science subject are 17 students or 61%, while in cycle II, it improves to 24 students or 86%. Thus, it can be concluded that the Open-Ended Learning model can improve students learning outcomes in class IV of SDN No. 80 Kota Tengah, Gorontalo City
Keywords : Learning Outcomes, Open-Ended Learning Model, Energy Sorces
Download berkas