SKRIPSI

Penulis / NIM
MUNIFA B. GIU / 151416065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Munifa Giu. 2021. Efektivitas Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID -19 Di Kelas V SDN 80 Kota Tengah Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si. Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah kelancaran pembelajaran pada masa pandemi COVID-19, dan bagaimanakah dukungan fasilitas dalam pembelajaran pada masa pandemi COVID-19, serta bagaimanakah hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di Kelas V SDN 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui kelancaran pembelajaran pada masa pandemi COVID-19, dan dukungan fasilitas dalam pembelajaran pada masa pandemi COVID-19, serta hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di Kelas V SDN 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Sampel dari penelitan ini adalah ibu perwalian kelas V, dan Ibu Kepala Sekolah SDN 80 Kota Tengah. Hasil penelitian yaitu mengenai kelancaran pembelajaran di SDN 80 Kota Tengah pada masa pandemi peneliti mendapati bahwa pembelajaran kurang lancar dimana bahwa dalam pembelajaran tidak terlaksana dengan baik sesuai tujuan yang diinginkan. Kemudian mengenai dukungan fasilitas di SDN 80 Kota Tengah yaitu Di awal pembelajaran dalam jaringan atau DARING, semua siswa dan guru merasakan kesulitan, dimana akses jaringan yang tidak semua siswa memilikinya. Dan guru memiliki akses jaringan WiFi yang akan Loading jika banyak penggunanya. Akan tetapi hal itu telah diatasi dengan adanya bantuan berupa kartu data yang diberikan oleh pemerintah, walau bantuan berupa kartu data ini hanya bertahan untuk beberapa bulan saja. Dan hasil belajar siswa peneliti menemukan bahwa Jika dilihat dari hasil belajar siswa, bagi siswa yang berprestasi tidak ada yang nilainya menurun drastis, akan tetapi bagi mereka yang kurang berprestasi sulit untuk menilai hasil belajarnya. Sebab bukan pada masalah siswa tersebut tidak memiliki fasilitas pembelajaran, akan tetapi kemauan siswa itu sendiri. Sebab sekolah telah meringankan bagi siswa yang tidak memiliki fasilitass pembelajaran, bisa ke sekolah untuk mengambil buku siswa dan di kembalikan lagi setelah mengantarkan tugas. Kesimpulan yaitu pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi COVID-19 ini kurang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ada banyak hambatan ataupun kendala-kendala yang dirasakan oleh semua pihak, baik guru, siswa, maupun orang tua. Hambatan yang paling banyak adalah hambatan kuota/ jaringan, gawai/ laptop. Ketidaktersediaan fasilitas inilah yang menjadikan pembelajaran kurang efektif. Mengingat pembelajaran yang dilakukan sekarang secara virtual. Ketidakefektifan pembelajaran disini peneliti melihat dari proses pembelajarannya, sarana prasarana pembelajaran dan hasil belajar siswa yang kurang menunjang keberhasilan dari pembelajaran tersebut. Kata kunci: Efektivitas, Pandemi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011