Penulis / NIM
ISMAIL PAUS / 151416069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
Abstrak
Ismail, Paus. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Team Assisted Individualy Pada Muatan Pembelajaran IPA Tema 6 Di Kelas V SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo, Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Team Assisted Individualy (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPA teman 6 di kelas V SDN 47 Hulonthalangi tahun ajaran 2019/2020?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar hasil belajar siswa pada materi IPA tema 6 di kelas V SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalao tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 23 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ..."jika dalam pembelajaran IPA guru menggunakan model Team Assisted Individualy maka hasil belajar siswa pada materi IPA tema 6 kelas V SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo tahun ajaran 2019/2020 akan meningkatƒƒ‚‚ƒ‚. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 13 siswa dengan presentase 56,52% sedangkan siklus II , telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 20 siswa dengan presentase 86,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Team Assisted Individualy dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo.
Kata kunci: Hasil Belajar, Tema 6, Model Team Assisted Individualy
Abstract
Ismail, Paus. 2020. Improving StudentsĢ Learning Outcome through Team Assisted Individualization (TAI) Model on Theme 6 of Natural Science Subject at Grade V of SDN 47 Hulonthalangi of Gorontalo City. Skripsi. Department of elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd., and the co-supervisor is Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si.
Problem Statement of this research was ƒ..."does the use of Team Assisted Individualization (TAI) model improve studentsƒ¢ learning outcome at theme 6 on Natural Science subject at grade V of SDN 47 Hulonthalngi in 2019/2020 academic year? The objective of the research was to improve studentsƒ¢ learning outcome on theme 6 of Natural Science subject at grade V of SDN 47 Hulonthalangi in 2019/2020 academic year. The research was a classroom action research type involving 23 students as subjects of research. The hypothesis of the research was ƒ..."if the teacher applies Team Assisted Individualization (TAI) model in Natural Science learning, so that studentsƒ¢ learning outcome on theme 6 of Natural Science subject at grade V of SDN 47 Hulonthalangi of Gorontalo City in 2019/2020 academic year will improveƒ‚. Based on the research finding, studentsƒ¢ learning outcome in cycle I found 13 students or 56,52% that have achieved the determined minimum completeness criteria on Natural Science subject namely 75 while in cycle II, it improved to 20 students or 86,95%. Therefore, it was concluded that Team Assisted Indivdidualization (TAI) model could improve students learning outcome at grade V of SDN 47 Hulonthalangi of Gorontalo City.
Keywords : Learning Outcome, Theme 6, Team Assisted Individualzation Model
Download berkas