SKRIPSI

Penulis / NIM
ISNAWATI MUSTAPA / 151416072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Mustapa, Isnawati. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 7 Materi Gaya Di Kelas IV SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi., Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini "Apakah model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?" Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery pada muatan pelajaran IPA Tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 22 orang siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah "jika guru menggunakan model pembelajaran Discovery dalam muatan pelajaran IPA Tema 7 maka hasil belajar siswa tentang materi gaya kelas IV SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat". Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada muatan pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 12 orang siswa dengan presentase 55%, sedangkan siklus II telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 19 orang siswa dengan presentase 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Mustapa, Isnawati. 2020. Improving Student Learning Outcomes through the Discovery Learning Model on Science Learning Contents Theme 7 Style Material in Class IV SDN 3 Tilongkabila Bone Bolango District. Skripsi, Department Of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University Of Gorontalo. Pricipal supervisor Is Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd and Co-supervisor Is Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. The formulation of the problem in this study "Can student learning outcomes improve using the Discovery learning model on the subject matter of Science 7 Theme style material in class IV SDN 3 Tilongkabila Bone Bolango District?" The purpose of this study is to improve student learning outcomes through the Discovery learning model on the subject matter of Science 7 Theme style material in class IV SDN 3 Tilongkabila Bone Bolango District. This type of research used in this research is classroom action research with 22 research subjects. The hypothesis in this study is "if the teacher uses the Discovery learning model in the contents of the Theme 7 science lesson, the student learning outcomes about the material style class IV SDN 3 Tilongkabila Bone Bolango District increases". Based on the results of the study it was found that student learning outcomes in the first cycle that have reached the minimum completeness criteria on the content of science lessons set by the school that is 75 as many as 12 students with a percentage of 55%, while the second cycle has increased as many as 19 students with a percentage 86%. Thus it can be concluded that the Discovery learning model can improve student learning outcomes in class IV SDN 3 Tilongkabila Bone Bolango District.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011