Penulis / NIM
SALMA AKINA / 151416076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Salma Akina. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Pengumpulan dan Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar Se-Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Asni Ilham M.Si.
Masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana kondisi awal perangkat pembelajaran pada pengumpulan dan penyajian data di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Gorontalo? (2) Bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran berbasis HOTS pada pengumpulan dan penyajian data di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kondisi awal perangkat pembelajaran pada pengumpulan dan penyajian data di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Gorontalo (2) untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis HOTS pada pengumpulan dan penyajian data di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan oleh Sugiyono. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan temuan awal kondisi objektif bahwa Sekolah Dasar di Kabupaten Gorontalo belum mengembangkat perangkat pembelajaran Berbasis HOTS pada materi pengumpulan dan penyajian data. Oleh karena itu dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, bahan ajar, LKPD dan evaluasi berdasarkan pemetaan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Pengembangan ini menggunakan teori sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahap. Dari sepuluh tahap, yang digunakan dalam penelitian ini hanya lima tahap yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan kemudian di validasi oleh tiga validator yakni ahli konten, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil rekapitulasi skor validasi dari ketiga validator memperoleh skor keseluruhan 92. Sesuai hasil validasi tersebut dilakukan revisi kecil pada beberapa bagian yang menghasilkan produk yang masih dalam bentuk konseptual. Berdasarkan produk konseptual hasil penelitian dan pengembangan tersebut disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis HOTS pada materi pengumpulan dan penyajian data di kelas V Sekolah Dasar Se-Kabupaten Gorontalo yang dikembangkan valid serta dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya.
Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, berbasis HOTS, Pengumpulan dan Penyajian Data
ABSTRACT
Salma Akina. 2020. Development of HOTS (Higher Order Thinking Skills) Based Learning Tool on Data Colleection and Display Material in Class V of Elementary Schools in Gorontalo District. Skripsi. Department of Elemntary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisors is Dra. Martianty Nalole, M.Pd, and the Co-Supervisor is Dr. Asni Ilham, M.Si.
The problems in this research include (1) what is the initial conditiom of the learning tool on the Data Collection and Display material in class V of elementary schools in Gorontalo District. This is a elementary schools in Gorontalo District. Data Collection technique applies interviews, questionnaires, and documentation in which the data collected are analyzed descriptively.
Based on initial findings in objective conditions, research subject has not developed HOTS-based learning tool on the Data Collection and Display material. So that research develop learning tool including lesson plans, teaching materials, LKPD (Student Work Sheet), and evaluation based on the basic competence mapping and achievement indicators. This development uses Sugiyonos theory, which consists of ten stages, but the research limits the samples to five stages, including (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, and (5) design revision. The learning tool developed is then validated by the three validators, namely content experts, material experts, and linguists. The result of the recapitulation of the validation score by the three validatiors obtains an overall score of 92. In accordance with the validation result, some small revisions are done in some parts, which result in a product tha is conceptual form. Based on the conceptual product of the research and development, it is concluded tha HOTS-based learning tool on the Data Collection and Display material in class V of Elemantary Schools in Gorontalo District is valid and can be continued to the next stage.
Keywords : Learning tool, HOTS-based, Data Collection and Display
Download berkas