Penulis / NIM
GUSTI SAYU RAI DWIJAYANTI / 151416077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Rumusan masalah penelitian apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 5 (Ekosistem) Subtema 1 (Komponen Ekosistem) Pembelajaran 1 di SDN 48 Hulonthalangi. Tujuan penelitian, untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 5 (Ekosistem) Subtema 1 (Komponen Ekosistem) Pembelajaran 1 di SDN 48 Hulonthalangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi, sampel yaitu 23 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel atau 25.225>1.717 dengan signifikan atau dapat dilihat pada nilai sig = 0.000 < ƒ‚ = 0.05 maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, nilai rata-rata pada pretest kelas eksperimen sebesar 55,07 dan posttest kelas eksperimen sebesar 58.7. Dengan demikian hipotesis penelitian menyatakan bahwa Terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata terhadap hasil belajar siswa kelas V Pada Tema 5 (Ekosistem) Subtema 1 (Komponen Ekosistem) Pembelajaran 1 di SDN 48 Hulonthalangi Kota Gorontalo.
The research problem is ¢"wheter or not there is an effect of field trip method towards students¢â„¢ learning outcome at Grade V on the theme 5 (ecosystem), subtheme 1 (Ecosystem Components) lesson 1 at SDN 48 Hulonthalangi¢. It aims to find out the effect of filed trip method towards students¢â„¢ learning outcome at Grade V on the theme 5 (ecosystem), subtheme 1 (Ecosystem Components) lesson 1 at SDN 48 Hulonthalangi. It applies a quantitative method. The technique of data collection is test, observation, and documentation. The samples are 23 students. The findings reveal that tcount < table or 1,249 < 1,714 with significance value = 0,219 Ž = 0,05. Therefore, based on the research hypothesis HŽ is accepted, and H1 is rejected. Thus, the research hypothesis, which states that there is an effect of field trip method towards students¢â„¢ learning coutcome at Grade V on the theme 5 (ecosystem), subtheme 1 (Ecosystem Components) lesson 1 at SDN 48 Hulonthalangi, Gorontalo City is accepted.
Download berkas