SKRIPSI

Penulis / NIM
GUSTI SAYU RAI DWIJAYANTI / 151416077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Rumusan masalah penelitian apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 5 (Ekosistem) Subtema 1 (Komponen Ekosistem) Pembelajaran 1 di SDN 48 Hulonthalangi. Tujuan penelitian, untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 5 (Ekosistem) Subtema 1 (Komponen Ekosistem) Pembelajaran 1 di SDN 48 Hulonthalangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi, sampel yaitu 23 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel atau 25.225>1.717 dengan signifikan atau dapat dilihat pada nilai sig = 0.000 < ƒ‚ = 0.05 maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, nilai rata-rata pada pretest kelas eksperimen sebesar 55,07 dan posttest kelas eksperimen sebesar 58.7. Dengan demikian hipotesis penelitian menyatakan bahwa Terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata terhadap hasil belajar siswa kelas V Pada Tema 5 (Ekosistem) Subtema 1 (Komponen Ekosistem) Pembelajaran 1 di SDN 48 Hulonthalangi Kota Gorontalo. The research problem is ¢"wheter or not there is an effect of field trip method towards students¢â„¢ learning outcome at Grade V on the theme 5 (ecosystem), subtheme 1 (Ecosystem Components) lesson 1 at SDN 48 Hulonthalangi¢. It aims to find out the effect of filed trip method towards students¢â„¢ learning outcome at Grade V on the theme 5 (ecosystem), subtheme 1 (Ecosystem Components) lesson 1 at SDN 48 Hulonthalangi. It applies a quantitative method. The technique of data collection is test, observation, and documentation. The samples are 23 students. The findings reveal that tcount < table or 1,249 < 1,714 with significance value = 0,219 Ž = 0,05. Therefore, based on the research hypothesis HŽ is accepted, and H1 is rejected. Thus, the research hypothesis, which states that there is an effect of field trip method towards students¢â„¢ learning coutcome at Grade V on the theme 5 (ecosystem), subtheme 1 (Ecosystem Components) lesson 1 at SDN 48 Hulonthalangi, Gorontalo City is accepted.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011