Penulis / NIM
SYAKILA GANI / 151416080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
Abstrak
Syakila, Gani. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 6 Di Kelas IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo, Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbinga 1 Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 6 di kelas IV SDN 47 Hulonthalangi tahun ajaran 2019/2020?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 6 di kelas IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penenlitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 18 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ƒ..."jika dalam pembelajaran IPA guru menggunakan model Problem Based Learning maka hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 6 di kelas IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo Tahun ajaran 2019/2020 akan meningkatƒ‚. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 10 siswa dengan presentase 56% sedangkan siklus II, telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 16 siswa dengan presentase 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo
Abstract
Syakila, Gani. 2020. Imroving StudentsĢ Learning Outcome through Problem Based Learning Model on Natural Science Subject of Theme 6 at Grade IV, SDN (Elementary School) 47 Hulonthalangai of Gorontalo City. Skripsi. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd, and the Co-supervisor is Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si.
The research problem is whether or not problem-based learning can improve studentsƒ¢ learning outcome on natural science subject of theme 6 at grade IV, SDN (Elementary School) 47 Hulonthalangi, academic year of 2019-2020. It aims to improve studentsƒ¢ learning outcome through problem-based learning on natural science subject of theme 6 at grade IV, SDN (Elementary School) 47 Hulonthalangi, academic year of 2019-2020. This is a classroom action research with 18 students as the subject of research. The hypothesis of the research is if the teacher applies problem-based learning on Natural Science subject, studentsƒ¢ learning outcome will improveƒ‚ Based on the findings, in cycle I, there are 10 students or 56% who have met the minimum completeness criteria set by the school, which is 75, meanwhile, in cycle II the number increases to 16 students or 89%. The conclusion is problem-based learning can improve studentsƒ¢ learning outcome on natural science subject of theme 6 at grade IV, SDN (Elementary School) 47 Hulonthalangi of Gorontalo City.
Download berkas