SKRIPSI

Penulis / NIM
BAHTIAR MAGASINGAN / 151416090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK Bahtiar Magasingan, 2020, Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT), Pada siswa kelas V SDN 2 TAPA Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Sarjana Pendidikan (S1), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Dra. Dajani Suleman M.Hum dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 2 TAPA Kabupaten Bone Bolango? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis narasi melalui model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 2 TAPA Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dapat disimpulkan bahwa, melalui penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini tersebut ditunjukan dengan nilai kemampuan siswa pada kondisi awal 20% setelah diberikan perbaikan tindakan siklus I pertemuan pertama meningkat menjadi 36% kemudian meningkat pada siklus I pertemuan kedua menjadi 60%. Darin 20% menjadi 60% belum mencapai nilai sesuai dengan indikator kinerja, kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 72%, kemudian pada tindakan siklus II pertemuan kedua meningkat menjadi 92%. Jadi kemampuan menulis karangan narasi melalui model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 2 Tapa meningkat. ABSTRACT Bahtiar Magasingan, 2020, Improving Narrative Writing Ability by Using the Numbered Heads Together (NHT) Model, In Grade V students of SDN 2 TAPA Tapa Sub-district, Bone Bolango District. Undergraduate Thesis, Bachelor of Education (S1), Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University, Advisor 1 Dra. Dajani Suleman M.Hum and Advisor II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. The problem of this study is whether through the Numbered Heads Together (NHT) model can improve narrative writing skills in fifth grade students of SDN 2 TAPA Bone Bolango Regency or not? This study aims to improve the ability of students to write narratives through the Numbered Heads Together (NHT) model in fifth grade students of SDN 2 TAPA, Bone Bolango District. This type of research is classroom action research (CAR). Data collection techniques are Observation, Test and Documentation. Based on the results of the class action research conducted in two cycles, it can be concluded that, through the application of the Numbered Heads Together (NHT) model, it can improve the ability to write narrative essays in fifth grade students of SDN 2 Tapa, Bone Bolango Regency in 2019/2020. This is indicated by the ability of students in the initial condition of 20% after being given improvement in the first cycle of action the first meeting increased to 36% then increased in the second cycle of the second meeting to 60%. Darin 20% to 60% has not reached the value in accordance with performance indicators, then proceed to the second cycle of the first meeting increased to 72%, then in the second cycle of the second meeting increased to 92%. So the ability to write narrative essays through the Numbered Heads Together (NHT) model in fifth grade students of SDN 2 Tapa increases.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011