SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR INDAH R. PULUHULAWA / 151416094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK NUR INDAH R. PULUHULAWA, 2020. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dengan Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 43 Hulonthalangi, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd Dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah ƒ..."Apakah melalui pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) kemampuan siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi akan meningkat ?ƒ‚. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui pembelajaran HOTS pada siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, penilaian dan dokumentasi. Pada observasi awal kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi masih kurang karena guru belum pernah menerapkan pembelajaran dengan melatih kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Setelah dilakukan tindakan siklus I dengan tiga kali pertemuan kemampuan siswa meningkat. Pada pertemuan I dari 25 siswa yang mampu adalah 13 siswa atau 52%, pada pertemuan II, dari 25 siswa yang mampu meningkatn menjadi 16 siswa atau 64% dan pertemuan ke III, dari 25 siswa yang mampu sangat meningkat menjadi 21 siswa atau 84%. Sedangkan yang tidak mampu ada 4 siswa atau 16%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) kemampuan siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi dapat meningkat. Kata Kunci : Higher Order Thinking Skill (HOTS), Kemampuan Siswa ABSTRACT NUR INDAH R. PULUHULAWA, 2020. Improving Student Ability by Learning Higher Order Thinking Skills (HOTS) Indonesian Language Subjects Class V SDN 43 Hulonthalangi, Thesis. Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Evi Hasim, M.Pd and Second Advisor Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. The problem in this research is "Will the ability of Grade V students of SDN 43 Hulonthalangi be improved through learning Higher Order Thinking Skill (HOTS)?". This study aims to improve students' abilities through HOTS learning in grade V SDN 43 Hulonthalangi. This type of research is Classroom Action Research. Data collection techniques in this study are observation, assessment and documentation. In preliminary observations, the high-level thinking skills of grade V SDN 43 Hulonthalangi students were still lacking because the teacher had never applied learning by training students' high-level thinking skills. After the first cycle of action with three meetings, the students' abilities increased. At the first meeting of 25 capable students were 13 students or 52%, at the second meeting, from 25 students who were able to increase to 16 students or 64% and the third meeting, from 25 students who were able to greatly increase to 21 students or 84%. Meanwhile, there are 4 students or 16% who cannot afford it. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that through learning Higher Order Thinking Skills (HOTS) the ability of grade V students at SDN 43 Hulonthalangi can be improved. Keywords: Higher Order Thinking Skill (HOTS), Student Ability.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011