Penulis / NIM
NUR INDAH R. PULUHULAWA / 151416094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
NUR INDAH R. PULUHULAWA, 2020. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dengan Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 43 Hulonthalangi, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd Dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah ƒ..."Apakah melalui pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) kemampuan siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi akan meningkat ?ƒ‚. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui pembelajaran HOTS pada siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, penilaian dan dokumentasi.
Pada observasi awal kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi masih kurang karena guru belum pernah menerapkan pembelajaran dengan melatih kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Setelah dilakukan tindakan siklus I dengan tiga kali pertemuan kemampuan siswa meningkat. Pada pertemuan I dari 25 siswa yang mampu adalah 13 siswa atau 52%, pada pertemuan II, dari 25 siswa yang mampu meningkatn menjadi 16 siswa atau 64% dan pertemuan ke III, dari 25 siswa yang mampu sangat meningkat menjadi 21 siswa atau 84%. Sedangkan yang tidak mampu ada 4 siswa atau 16%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) kemampuan siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi dapat meningkat.
Kata Kunci : Higher Order Thinking Skill (HOTS), Kemampuan Siswa
ABSTRACT
NUR INDAH R. PULUHULAWA, 2020. Improving Student Ability by Learning Higher Order Thinking Skills (HOTS) Indonesian Language Subjects Class V SDN 43 Hulonthalangi, Thesis. Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Evi Hasim, M.Pd and Second Advisor Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
The problem in this research is "Will the ability of Grade V students of SDN 43 Hulonthalangi be improved through learning Higher Order Thinking Skill (HOTS)?". This study aims to improve students' abilities through HOTS learning in grade V SDN 43 Hulonthalangi. This type of research is Classroom Action Research.
Data collection techniques in this study are observation, assessment and documentation.
In preliminary observations, the high-level thinking skills of grade V SDN 43 Hulonthalangi students were still lacking because the teacher had never applied learning by training students' high-level thinking skills. After the first cycle of action with three meetings, the students' abilities increased. At the first meeting of 25 capable students were 13 students or 52%, at the second meeting, from 25 students who were able to increase to 16 students or 64% and the third meeting, from 25 students who were able to greatly increase to 21 students or 84%. Meanwhile, there are 4 students or 16% who cannot afford it. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that through learning Higher Order Thinking Skills (HOTS) the ability of grade V students at SDN 43 Hulonthalangi can be improved.
Keywords: Higher Order Thinking Skill (HOTS), Student Ability.
Download berkas