SKRIPSI

Penulis / NIM
MEGAWATI FERONIKA TULENAN / 151416095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
Mengawati Feronika Tulenan, 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 43 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T pulukadang S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd Penelitian ini dilakukan bertolak dari rumusan masalah "Apakah Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 43 Hulonthalangi Kota Gorontalo meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 43 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi serta analisis dan refleksi. Hasil capaian penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 25 siswa yang dikenakan tindakan kelas, jumlah siswa yang mampu membaca pemahaman berjumlah 10 orang atau (40%). Jumlah dan persentase tersebut meningkat pada siklus II menjadi 22 dari 25 siswa atau (88%) termasuk pada kategori mampu menulis paragraf berdasarkan indikator yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Jigsaw meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi Megawati Feronika Tulenan, 2020. Improving Reading Comprehension Skill through Jigsaw Model at Grade V of SDN 43 Hulonthalangi, Gorontalo City. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd, and the co-supervisor is Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. The research was conducted due to the following problem statement ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."Does Jigsaw Learning Model Improve Reading Comprehension Skill at Grade V of SDN 43 Hulonthalangi, Gorontalo city?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ The Research objective was to improve Reading Comprehension Skill through jigsaw Learning Model at Grade V of SDN 43 Hulonthalangi, Gorontalo City. The research type was classroom action research involving 25 students at grade V of SDN 43 Hulonthalangi as the research subjects. The research was conducted in two meetings which comprised 2 cycles. Every cycle encompassed 4 stages, namely planning, implementation of action, evaluation, as well as analysis and reflection. The result of assessment in cycle I showed that out of 25 students that obtained treatment, 10 students or 40% were able in reading comprehension, and 15 students or 60% were not able. The number and percentage improved in cycle II where 22 students or 88% were able in reading comprehension while 3 students or 12% were not able. Therefore, in brief, Jigsaw Learning model could improve reading comprehension skill at students of grade V at SDN 43 Hulonthalangi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011