Penulis / NIM
MEGAWATI FERONIKA TULENAN / 151416095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
Mengawati Feronika Tulenan, 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 43 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T pulukadang S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd
Penelitian ini dilakukan bertolak dari rumusan masalah "Apakah Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 43 Hulonthalangi Kota Gorontalo meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 43 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi serta analisis dan refleksi.
Hasil capaian penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 25 siswa yang dikenakan tindakan kelas, jumlah siswa yang mampu membaca pemahaman berjumlah 10 orang atau (40%). Jumlah dan persentase tersebut meningkat pada siklus II menjadi 22 dari 25 siswa atau (88%) termasuk pada kategori mampu menulis paragraf berdasarkan indikator yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Jigsaw meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 43 Hulonthalangi
Megawati Feronika Tulenan, 2020. Improving Reading Comprehension Skill through Jigsaw Model at Grade V of SDN 43 Hulonthalangi, Gorontalo City. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd, and the co-supervisor is Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
The research was conducted due to the following problem statement ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."Does Jigsaw Learning Model Improve Reading Comprehension Skill at Grade V of SDN 43 Hulonthalangi, Gorontalo city?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ The Research objective was to improve Reading Comprehension Skill through jigsaw Learning Model at Grade V of SDN 43 Hulonthalangi, Gorontalo City. The research type was classroom action research involving 25 students at grade V of SDN 43 Hulonthalangi as the research subjects. The research was conducted in two meetings which comprised 2 cycles. Every cycle encompassed 4 stages, namely planning, implementation of action, evaluation, as well as analysis and reflection.
The result of assessment in cycle I showed that out of 25 students that obtained treatment, 10 students or 40% were able in reading comprehension, and 15 students or 60% were not able. The number and percentage improved in cycle II where 22 students or 88% were able in reading comprehension while 3 students or 12% were not able. Therefore, in brief, Jigsaw Learning model could improve reading comprehension skill at students of grade V at SDN 43 Hulonthalangi.
Download berkas