Penulis / NIM
GUSTINRANDA Y. TAIB / 151416098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Taib, Gustiranda. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Dengan Menggunakan Media Kartu Magic Pada Siswa Kelas II Di SDN 12 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui media kartu magic kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SDN 12 Bongomeme Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung menghunakan media kartu magic pada siswa kelas II SDN 12 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Jemis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian bahwa pada tindakan siklus I pertemuan I dari 17 siswa meningkat 6 siswa atau 36% yang tidak mampu terdapat 11 siswa atau 64%. Dilanjutkan pada siklus I pertemuan II terdapat 10 atau 59% siswa yang mampu dan sisanya terdapat 7 siswa atau 41%. Pada siklus II pertemuan I dari 17 siswa meningkat 12 siswa atau 70% yang tidak mampu terdapat 5 siswa atau 30%. Kemudian pada siklus II pertemuan II terdapat 16 siswa atau 94% yang mampu dan 1 siswa atau 6% yang tidak meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung dengan menggunakan media kartu magic pada siswa kelas II di SDN 12 Bongomeme Kabupaten Gorontalo meningkat
Taib, Gustiranda. 2020. Improving Continuous Writing Ability Using Magic Card Media for Class II Students at SDN 12 Bongomeme, Gorontalo District. Essay. Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Evi Hasim, M.Pd and Supervisor II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
The problem in this study is "Can through the media of magic cards the ability to write continuous writing in class II SDN 12 Bongomeme Gorontalo Regency can be increased? This research aims to improve the ability to write cursive using magic card media in grade II SDN 12 Bongomeme Gorontalo Regency. Jemis This research is a classroom action research with data collection techniques, tests, observation and documentation.
The results showed that in the action cycle I meeting I of 17 students increased by 6 students or 36% who were unable there were 11 students or 64%. Continued in cycle I, meeting II, there were 10 or 59% of students who were able and the remaining 7 students or 41%. In the second cycle the first meeting of 17 students increased by 12 students or 70% who were unable to have 5 students or 30%. Then in the second cycle of meeting II there were 16 students or 94% who were able and 1 student or 6% who did not improve. Thus it can be concluded that increasing the ability to write cursive using magic card media in grade II students at SDN 12 Bongomeme, Gorontalo District increases.
Download berkas