Penulis / NIM
MELFIRA HUNTIALO / 151416100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Huntialo, Melfira. 151416100. 2022. Evektifitas Penggunaan Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Ips Dikelas IV SDN 2 Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, M.Si, Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd.
Penelitian ini dilator belakangi oleh fenomena bahwa keberhasilan seorang guru dalam menggunakan Metode dalam pembelajaran. Dalam hal ini, Metode Inkuiri. Rumusan masalah dari penelitian ini yakni bagaimana Efektifitas Penggunaan Metode Inkuiri Dikelas IV SDN 2 Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifitasan Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran IPS Dikelas IV SDN 2 Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis Deskriptif. Metode penelitian menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukan pengumpulan data melalui wawancara hasil yang di dapatkan antara lain: (1) Siswa melakukan pengamatan atas benda yang menjadi bahan ajar dilakukan dengan baik. (2) siswa merespon dengan baik di saat guru menerapkan pembelajar dengan motede inkuiri (3) Siswa memiliki keaktifan dalam belajar dan memiliki pemikiran yang cerdas dari dibentunya kreatifitas belajar.
Dari sini dapat diketahui bahwa penggunaan Metode Inkuiri dalam pembelajaran IPS oleh guru efektif dalam merangsang siswa dalam merespon pembelajaran yang ada di kelas.
Kata Kunci: Efektifitas Metode Inkuiri
Download berkas