SKRIPSI

Penulis / NIM
BAYURIZKI S. MAMU / 151416103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Mamu, Bayu. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 4 di Kelas IV SDN 18 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh,S.Pd M.Pd. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Circuit Learning pada muatan pelajaran IPA tema 4 siswa kelas IV di SDN 18 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 18 Limboto yang berjumlah 36 siswa. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 75% dari jumlah siswa pada kategori baik dan sangat baik (76% dari aktivitas yang diamati). Aktivitas tersebut meliputi aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, metrik, mental, dan emosional. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Circuit Learning pada siswa kelas IV SDN 18 Limboto dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA. Aktivitas belajar IPA pada pra tindakan yaitu seluruh siswa pada kategori sangat kurang. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning. Pada siklus I mengalami peningkatan 67% dari kondisi awal tidak ada siswa yang mencapai kategori baik meningkat menjadi 67% siswa pada kategori cukup. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 94% yang artinya telah terjadi peningkatan yang termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunaan model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas IV SDN 18 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Model Circuit Learning, Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran IPA. ABSTRACT Mamu, Bayu. 2019. Increasing Student Learning Activities Through the Circuit Learning Model on the Content of Theme 4 Science Lessons in Class IV SDN 18 Limboto, Gorontalo District. Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd and II supervisor Meylan Saleh, S.Pd M.Pd. The purpose of this research was to increase student learning activities using the Circuit Learning learning model in the fourth grade science subject content of theme 4 students at SDN 18 Limboto, Gorontalo District. This type of research is a classroom action research. The research subjects were the fourth grade students of SDN 18 Limboto, totaling 36 students. The indicators of the success of the action are marked by a minimum of 75% of the number of students in the good and very good categories (76% of the activities observed). These activities include visual, verbal, listening, writing, drawing, metric, mental, and emotional activities. Based on the results of the study, it shows that the application of the Circuit Learning learning model in grade IV SDN 18 Limboto can increase science learning activities. Science learning activities in pre-action, namely all students in the very poor category. Student learning activities have increased after action in cycle I is in the form of learning activities using the Circuit Learning learning model. In the first cycle, there was an increase of 67% from the initial condition where there were no students who reached the good category, increasing to 67% of students in the sufficient category. Student learning activities have increased again in cycle II to 94% which means that there has been an increase in the very good category. Thus it can be concluded that by using the Circuit Learning learning model it can improve student learning activities in science subject content in class IV SDN 18 Limboto, Gorontalo District. Keywords: Circuit Learning Model, Student Learning Activities, Science Learning.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011