SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI NOER AINI MOKO / 151416104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Moko, Siti. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 4 di Kelas IV SDN 3 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh,S.Pd M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 4 siswa kelas IV di SDN 3 Limboto, Kabupaten Gorontalo?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Limboto yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 90% dari jumlah siswa pada kategori aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Bamboo Dancing pada siswa kelas IV SDN 3 Limboto dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan IPA tema 4. Aktivitas belajar IPA pada pra tindakan yaitu seluruh siswa pada kategori kurang. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I sebesar 61,22% pada kategori Aktif. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 91,3% pada kategori Aktif dan Sangat Aktif. Artinya, pada siklus II Aktifitas siswa meningkat sebesar 31,08%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas IV SDN 3 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Model Bamboo Dancing, Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran IPA. ABSTRACT Moka. Siti. 2019. Improving Students ' Learning Activity through Bamboo Dancing Learning Model in 4th Theme of Natural Science Subject at Class of IV, SDN 3 Limboto, Gorontalo District. Skripsi, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Abdul Haris Panel, M.Pd, and the co-supervisor is Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. The research is categorized as a classroom action research. The research subjects are 25 students of class of W, SDN 3 Limboto. The techniques of data collection are Observation and documentation. The indicator of success is that 90% of students are in an active and very active category (>91% of the observed activity). The activities include observing, questioning, collecting information, processing information, and communicating. Findings reveal that the implementation of the Bamboo Dancing learning model on Class of lV Students, SDN 3 Limboto Barat in 4th theme of Natural Science subject can improve the students' learning activity. ln pre-activity, all students are in a very lack category. in cycle l, after applying the Bamboo Dancing Model. the result improves to 61,22% in an active category. Moreover, it improves more, as much as 31,08%, to be 91,3% in cycle II, which is in a very active category. Hence, it can be concluded that by applying the Bamboo Dancing learning model, the students' learning activity in Natural Science subject at class of IV, SDN 3 Limboto. Gorontalo District can be improved. Keywords : Bamboo Dancing Model, Students' Learning Activity, Natural Science Subject
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011