SKRIPSI

Penulis / NIM
ROVIKA YUSUF / 151416105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kondisi objektif panduan praktikum IPA model project based learning di kelas V MI Almourky Telaga yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan panduan praktikum IPA model project based learning di kelas V MI Almourky Telaga; (3) mengetahui validitas panduan praktikum IPA model project based learning yang telah dikembangkan. Metode penelitian diadaptasi dari Sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahapan. Namun, tahap penelitian ini dibatasi sampai pada tahap yang kelima, yaitu revisi produk. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB MI Almourky Telaga berjumlah 19 orang. Data hasil penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil validasi pengembangan panduan praktikum IPA model project based learning dari ahli media memperoleh nilai 92,25, dari ahli materi memperoleh nilai 96,92, dan dari praktisi memperoleh nilai 98,61. Rekapitulasi hasil dari ketiga ahli tersebut memperoleh nilai 95,92 dengan kriteria ƒƒ‚‚ƒ..."sangat layakƒƒ‚‚ƒ‚. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum IPA model project based learning pada materi sistem peredaran darah manusia, suhu dan kalor, dan perpindahan panas yang dikembangkan layak digunakan dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya. The research aims at (1) investigating the objective condition of the developed Project Based Learning Model Natural Science Practicum Guideline at Class of V, MI Almourky Telaga, (2) developing the Project Based Learning Model Natural Science Practicum Guideline at Class of V, MI Almourky Telaga, (3) investigating the validity of the developed Project Based Learning Model Natural Science Practicum Guideline. It applies a research method adapted from Sugiyono, which consists of 10 stages. However, this research and development are only till the 5th stage, which is product revision. The subjects are 19 students of class of VB, MI Almourky Telaga. The data of research are collected thorugh interview, observation, questionnaire, and documentation. The result of Project Based Learning Model Natural Science Practicum Guideline obtains score of 92,25 from learning media expert, 96,92 from learning material expert, and 98,61 from the practitioner. The recapitulation of the three expertsƒ¢ scores are 95,92 which is in very proper criteria. Based on the findings, it can be concluded that the developed Project Based Learning Model Natural Science Practicum Guideline in the human bloodstream system, temperature and heat, and heat transfer topic is very proper to be used and can be continued to the next stage.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011