SKRIPSI

Penulis / NIM
MASTIKA PAKAYA / 151416106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
Pakaya, Mastika. 2020. Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Model PAKEM di Kelas IV SDN 11 Kota Barat Kota Gorotalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Dra. Hakop Walangadi, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah melalui penerapan model PAKEM dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 11 Kota Baratƒƒ‚‚ƒ‚. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa melalui model PAKEM dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 11 Kota Barat. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang terdiri atas dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada peneltian ini adalah dengan menggunakan tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Kota Barat sebanyak 15 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67% atau 10 orang siswa kreatif dalam belajar dan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 60% atau 9 orang siswa yang tuntas belajar. Setelah dilakukannya siklus II, presentase kreativitas belajar siswa meningkat sebesar 87% atau 13 orang siswa kreatif dalam belajar dan pada siklus II meningkat menjadi 87% atau 13 orang siswa yang tuntas. Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model PAKEM pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 11 Kota Barat Kota Gorontalo. Kata Kunci: Kreativitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran PAKEM. ABSTRACT Pakaya, Mastika. 2020. Improving Studentsƒ¢ Creativity and Learning Outcome at Social Science Learning through PAKEM Model at Grade IV of SDN 11 Kota Barat of Gorontalo City. Skripsi, Study Program of Elementary Teacher Education. Faculty of Education. State University of Gorontalo. The principal supervisor is Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, and the co-supervisor is Dra. Hakop Walangadi, M.Si. Problem statement of this research was "whether or not the implementation of PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan or Active, Creative, Effective, and Fun Learning) model can improve students creativity and learning outcome at Social Science learning at grade IV of SDN 11 Kota Baratƒ‚. The objective of the research was to improve students creativity and learning outcome at Social Science learning at grade IV of SDN 11 Kota Barat through PAKEM model. The method applied in this research was Classroom Action Research, which comprised two cycles, and every cycle consisted of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The technique of data collection used test, documentation, observation, and interview. The research objects were 15 students at grade IV of SDN 11 Kota Barat. The finding of research revealed that students creativity in learning in cycle I found 10 students or 67% who were creative in learning while in relation to learning outcome, 9 students or 60% were completed. after conducting cycle II, the percentage of students creativity in learning improved to 87% or 13 students who were creative in learning, whereas there were 13 students or 87% who were completed. In conclusion, there was an improvement of students creativity and learning outcome through PAKEM model at Social Science learning at grade IV of SDN 11 Kota Barat of Gorontalo City. Keywords: Creativity in Learning, Learning Outcome, Social Science Learning, PAKEM Learning Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011