Penulis / NIM
NINDA SUNE / 151416124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Sune Ninda. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Melalui Teknik Bisik Berantai Di Kelas III SDN 3 Telaga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd M.Pd dan Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui teknik bisik berantai dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa di kelas III SDN 3 Telaga?" Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa melalui teknik bisik berantai di kelas III SDN 3 Telaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi awal atau sebelum dikenai tindakan menunjukkan bahwa dari 17 jumlah siswa hanya 5 siswa atau 29 % yang mampu mencapai rata-rata kriteria ketuntasan kemampuan menyimak siswa. Setelah dikenai tindakan pada siklus 1 kemampuan menyimak siwa meningkat menjadi 62% atau 8 siswa. Kemudian dilanjutkan pada siklus II yang yaitu persentase kemampuan menyimak siswa menjadi 80% atau sebanyak 13 siswa. Simpulan hasil penelitian bahwa dengan menerapkan teknik bisik berantai kemampuan siswa dalam menyimak meningkat.
Kata Kunci: Bisik berantai, Menyimak
Sune Ninda. 2020. Improving the Listening Ability of Students through the Whispering Technique in Class III of SDN 3 Telaga. Essay. Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd M.Pd and Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd M.Pd.
This problem statement of this research is whether or not chain whispering technique can improve the studentsĢ listning skill at Class of III, SDN 3 Telaga. It aims at improving the students listening skill throught Chain Whispering Techique at Class of III, SDN 3 Telaga. It applies classroom action research. The technique o data collection are observation, test, and documentations.
Findings reveal that in pre observation or before treatment, only 5 out of 17 students or 29% who are able to achievethe listening skill indicator. However, in cyle I, the number of students who are able to achieve the listening skill indicator improves to be 8 students or 62%. Then, in cycle II, 13 students or 80% have been able to achieve the listening skill indicator. It can be concluded that the application of chain whispering technique can improve the student listening skill.
keywords: chain whisper, listening
Download berkas