Penulis / NIM
CICI CENDRA KASI SULEMAN / 151416125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
Cici Cendra Kasi Suleman. 2020. Meningkatkan KemampuanBerbicara Siswa Melalui Model Reciprocal Teaching Di Kelas IV SDN 4 Bulango Timur. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun. M.Pd Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah ..."Apakah melalui model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas IV SDN 4 Bulango Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui model Reciprocal Teaching siswa kelas 4 SDN IV Bulango Timur. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Pada observasi awal sebanyak 4 orang siswa atau sebesar 19% dari 21 siswa memiliki kemampuan berbicara. Pada siklus I setelah menggunakan model Reciprocal Teaching mengalami peningkatan menjadi 14 orang siswa atau 66% dan Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 18 orang siswa atau 85% dari 21 jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada kelas IV di SDN 4 Bulango Timur.
Kata Kunci: Berbicara, Reciprocal Teaching
Cici cendra kasi suleman. 2020. improving students' speaking skill through reciprocal teacing model at grade IV of SDN 4 bolango timur. sripsi. department of elementary teacher education, feculty of education, state univercity of gorontalo. the pricipal supervisor is Dra. Ratnarti pahrun , M.Pd., and the co supervisor is Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd.
problem discusset in this research was, '' does reciprocal teaching model improve students' speaking skil at grade IV of SDN 4 bolango timur?''. the research objective was to improve students' speaking skill through the reciprocal teaching model at grade IV of SDN 4 bolango timur. the research method used classroom action research, the technigue of data collection used observation, test, and documentation.
In initial observation, 4 students or 19% aut of 21 students had speaking skill. the application of reciprocal teaching model in cycle I had improved the rosult to 14 students or 66% and improved to 18 students or 85% in cycle II. based on the findings, it was concluded that the reciprocal teaching model could improve students' speaking skill at grade IV of SDN 4 bulango timur.
keyword: speaking, reciprocal teaching
Download berkas