Penulis / NIM
SILVANI OLII / 151416126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Silvani Olii. 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Kelas II SDN 13 Limboto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Jusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ƒ..."Apakah pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 13 Limbotoƒ‚.Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan saintifik siswa kelas II SDN 13 Limboto Kabupaten Gorontalo.Desain yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas adalah desain penelitian Jhon Elliot.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif
Berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa terdapat 3 orang siswa atau 15% yang dikatakan sudah mampu dalam kemampuan membaca. Setelah diterapkan pendekatan saintifik pada kemampuan membaca permulaan pada siklus I pertemuan I terdapat 4 orang siswa atau 20% yang dikatakan sudah mampu, siklus I pertemuan II terdapat 6 orang siswa atau 30% yang dikatakan mampu. Pada siklus II pertemuan I terdapat 17 orang siswa atau 85% yang dikatakan sudah mampu, siklus II pertemuan II terdapat 18 orang siswa atau 90% yang dikatakan mampu. Jadi disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas II SDN 13 Limboto dinyatakan meningkat.
Silvani Olii, 2020, Improving StudentĢ Early Reading Skill Through Scientific Aproach At Grade II of SDN 13 Limboto . Skripsi, Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Educatoin, State University of Gorontalo. The Printicipal supervisor is Dr.Jusuf Jafar, M.Pd , and the co-supervisor is Dra. Ratnarti Pahrun M.Psd.
Problem statement of this research was, ƒ..."Scan scientific approach improve early reading skill of students at grade II of SDN 13 Limboto of Gorontalo District?ƒ‚. The research objective was to improve early reading skill of student at grade II of SDN 13 LImboto of Gorontalo . District through a scientific approach This classroom action research used Jhon Elliot reseach design. The technique of data collection applied test, observation, and documentation.
Based on early observation, there were 3 student or 15% out of 20 student that have been able to read. After applying the scientific approach in early reading skill in metting I of cycle I, there were 4 student 0r 20% that have been able to read and improved to 6 students or 30% in metting II of cycle I. In metting I of cycle II, and there were 17 student or 85% that have been able to read and improved to 18 student or 90% in metting II of cycle II. In brief , early reading skill through the scientific approach at student at grade II of SDN 13 Limboto improved.
Download berkas