Penulis / NIM
SILVANA DJAFAR / 151416127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Silvana Djafar. 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode PQRST Pada Siswa Kelas V SDN No. 86 Kota Tengah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar M.pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui metode PQRST dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman di kelas V SDN No. 86 Kota Tengah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman menggunakan metode PQRST siswa kelas V SDN No. 86 Kota Tengah. Metode penelitian yang digunakan yakni jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Pada observasi awal sebanyak 6 orang siswa atau sebesar 33% dari 18 siswa yang memiliki kemampuan dalam membaca pemahaman. Pada siklus I setelah menggunakan metode PQRST mengalami peningkatan menjadi 11 orang siswa atau sebesar 61%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 16 orang siswa atau sebesar 89% dari 20 orang jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode PQRST dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN No. 86 Kota Tengah.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman dan PQRST
ABSTRAK
Silvana Djafar. 2020. Improving Student's Reading Comprehension through PQRST Method atau 5 th grade of SDN No. 86 Kota Tengah. Skripsi. Study Program of Elementary Teacher Education, Faculty Of Education, state University of Gorontalo. Principal Supervisor is Dr. Yusuf Ja'far M. Pd anda Co Supervisor is Hj. Sumarni Mohamad, S. Pd, M. Pd
The research problem is whether or not PQRST method can improve students¢â„¢ reading comprehension at 5th grade of SDN No. 86 Kota Tengah. This research aims at improving students¢â„¢ reading comprehension through PQRST method at 5th grade of SDN No. 86 Kota Tengah. The method applies classroom action research. Tehniques of data collection are observation, test, and documentation.
At initial observation, 6 students out of 18 students (33%) have the ability in reading comprehension. At cycle I, it increases to 11 students (61%) after the implementation of PQRST method. At cycle II, once again increases to 16 stundents (89%). Based on the results, it can be concluded that PQRST method improves students¢â„¢ reading comprehension at 5th SDN No. 86 Kota Tengah.
Download berkas