Penulis / NIM
MUDITA DHAMMO / 151416129
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Mudita Dhammo 2022, Peran Guru dalam Menerapkan Pembelajaran PKn Berbasis Pendekatan Multikultur di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Kristen Maesa). Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Candra Cuga S.Pd, M.Pd dan Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran guru dalam pembelajaran PKn berbasis multikultur di SD Kristen Maesa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan expert opinion.
Berdasarkan hasil penelitian, Pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis multikultur di SD Kristen Maesa Kota Gorontalo guru harus menciptakan rasa toleransi antar siswa, serta memberikan contoh yang baik agar bisa ditiru oleh siswa. Dalam proses pembelajaran PKn berbasis multikultur guru berperan menekankan budaya pada proses pembelajaran dengan pengenalan budaya yang dimiliki siswa, ataupun pengenalan budaya yang dimiliki siswa lain, saat pemberian tugas, guru memberi tugas, dimana soal yang diberikan dari buku siswa. Dibutuhkan perangkat pembelajaran seperti RPP, penggalian informasi dari berbagai sumber baik teks, maupun non teks, kemudian pengembangan media yang kontekstual yang bermuara pada pengembangan multikulturalisme siswa di sekolah dasar.
Kata Kunci: Peran Guru, Multikultur
Download berkas