Penulis / NIM
MARWITAN DIU / 151416130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Marwitan Diu. 2021. Skripsi . Analisis Kesalahan Menulis Narasi di Kelas V SDN 82 Sipatana Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Yusuf Jafar, M.Pd. dan Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimanakah bentuk kesalahan siswa dalam menulis narasi di kelas V SDN 82 sipatana Kota Gorontalo? Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk kesalahan siswa dalam menulis narasi di kelas V SDN 82 sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 17 orang siswa. Teknik pengumpulan data observasi wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase kesalahan dalam memahami dan menuliskan rangkaan cerita sesuai tema pada siswa kelas V SDN 82 Sipatana sebesar 73%. Jenis kesalahan dalam memahami dan menuliskan rangkaian cerita sesuai tema termasuk kategori sangat tinggi. Persentase kesalahan memahami dan menulis alur dan isi cerita sebesar 78 %. Jenis kesalahan dalam memahami dan menuliskan alur dan isi cerita termasuk kategori yang sangat tinggi. Selanjutnya persentase kesalahan menentukan dan menuliskan perbuatan tokoh sebesar 76 %. Jenis kesalahan dalam menentukan dan menuliskan perbuatan tokoh dan isi termasuk kategori sangat tinggi. Persentase kesalahan memahami dan menuliskan kalimat yang efektif sesuai ejaan dan tanda baca sebesar 88 %.
Kata Kunci : Kesalahan, Menulis, Narasi
Download berkas