Penulis / NIM
INDRAWATI OTUMULO / 151416132
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Indrawati Otumulo, 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas IV SDN No. 86 Kota Tengah,Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Think Talk Write (TTW) kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV SDN No. 86 Kota Tengah dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui model Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IV SDN No. 86 Kota Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Hasil penelitian pada pembelajaran siklus 1 diperoleh data dari 19 orang siswa kelas IV yang mampu menulis puisi dengan perolehan nilai 75 keatas berjumlah 6 orang siswa atau 31% dan yang belum mampu menulis puisi 13 orang siswa atau 68% dengan perolehan nilai dibawah 75. Sehingga dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan dari 20 orang siswa kelas IV yang manpu menulis puisi berjumlah 18 orang siswa atau 90% dan yang belum mampu berjumlah 2 oarng siswa atau 10%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi melalui model Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IV SDN No. 86 Kota Tengah Meningkat.
Kata Kunci : Menulis Puisi, Model Think Talk Write (TTW)
Indrawati Otumulo, 2020. Improving Students, Ability in Writing Poem through Think Talk Write Model at Class of IV, SDN No. 86 Kota Tengah, Skripsi, Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Education , State University Of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Yusuf Jafar, M. Pd and The co- supervisor is Dr. Ratnarti Pahrun, M. Pd
The problem statemen of this research is whether or not the application of Think Talk Write model can improve the students¢â„¢ ability in writing poem at class of IV, SDN NO. 86 Kota Tengah. It aims at improving the studensts¢â„¢ abilyti in writing poem at class of IV, No. 86 Kota Tengah through the application of Think Talk Write Model. It applies Classroom action research.
Findings reveal that, in cycle I, out of 19 students., only 6 students or 31% obtain the score of 75 and above which are categorized able to write a poem while those who are not yet able to write a poem or obtain the score under 75 are 13 or 68%. Then, in cycle II, the number of students who are able to write a poem improoves to 18 students or 90%, while only 2 or 10% who are not yet able to write a poem. Therefore, it can be concluded that the application of Think Talk Write Model can improve the students¢â„¢ ability in writing poem at class of IV, SDN No. 86 Kota Tengah.
Keyword : Writing a Poem, Think Talk Write (TTW)
Download berkas