Penulis / NIM
AYUWANDA AGUSTIN RIVAI / 151416134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Ayuwanda Agustin Rivai. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas IV SDN 86 Kota Tengah. Skripsi Program Studi Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "apakah dengan menggunakan media Visual dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV SDN 86 Kota Tengah?".
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui media Visual pada siswa kelas IV SDN 86 Kota Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Pada observasi awal dari jumlah 20 siswa, hanya 5 siswa (25%) yang mampu menulis puisi, dan yang belum mampu menulis puisi masih 15 siswa (75%). Kemudian hasil penelitian menggunakan media Visual pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 6 siswa (30%) yang mampu menulis puisi. Pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (90%) yang mampu menulis puisi. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi melalui media Visual pada siswa kelas IV SDN 86 Kota Tengah meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Puisi, Media Visual
ABSTRACT
Ayuwanda Agustin Rivai. 2020. Improving Skill in Writing Poetry through Visual Media at Students at Grade IV SDN 86 Kota Tengah. Skripsi. Study Program of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Yusuf Jafar, M.Pd., and the co-supervisor is Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
The problem of this research was, "does the application of visual media improve skill in writing poetry at students of grade IV of SDN 86 Kota Tengah?". The research objective was to improve skill in writing poetry through visual media at students of grade IV of SDN 86 Kota Tengah. The research type was Classroom Action Research. The technique of data collection used observation, test, and documentation.
The result in initial observation found that out of 20 students, only 5 students (25%) who were able to write poetry and the rest 15 students (75%) were not able yet to write it. The research finding revealed that the application of visual media in cycle I had improved the result as there were 6 students (30%) who were able to write poetry. Meanwhile, the result in cycle II improved to 18 students (90%) who were able to write poetry. In conclusion, the application of visual media improved skill in writing poetry at students of grade IV of SDN 86 Kota Tengah.
Keywords: Skill in Writing Poetry, Visual Media.
Download berkas