Penulis / NIM
SINTIA YASIN / 151416136
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Sintia Yasin 2020, Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Pemahaman Konsep Pecahan desimal pada siswa kelas IV SDN 89 Sipatana, Jurusan Penididkan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Ismail Pioke, M.pd, Pembimbing II Dr.Rustam I Husain S.Ag, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ƒ..."Apakah pengaruh penggunaan media audio visual terhadap pemahaman konsep peacahan decimal pada siswa kelas IV SDN 89 Sipatana ?ƒ‚. Adapun tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual 89 Sipatana.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif dengan menggunakan desain Pre-expreimental One Group Pretest-Posttest.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, artinya semua anggota populasi di jadikan sampel.Sehingga sampel sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa IV sebanyak 26 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes : uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menujukkan thitung = 6.07 dan ttabel = 2. 04 thitung lebih besar dari ttabel (6,07> 2,04), dengan derajat kebebasan (db) = 28. Untuk taraf signifikan ƒ‚ =0,05%, maka hasilnya signifikan. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap pemahaman konsep pecahan desimal pada siswa kelas IV SDN 89 Sipatana.
Kata Kunci : pemahaman konsep, pecahan desimal, audio visual
ABSTRACT
Sintia Yasin, 2020. The Influence of the Use of Audio-Visual Media towards Conceptual Undertanding of Decimal Fraction on Student at Grade IV of SDN 89 Sipatana, Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, state University of Gorontalo. The Prinsipal Supervisior is Drs. Ismail Pioke, M.Pd, and co-supervisor is Dr. Rustam I Husain, S. Ag, M.Pd
The problem formulation of this research is ƒ..."is there any influence of the use of audio-visual media towards a conceptual understanding of decimal fraction on students at Grade IV of SDN 89 Sipatana?ƒ‚. The research aims at finding out the influence og the use of audio-visual media towards conceptual understanding of decimal fraction on student at Grade IV of SDN 89 Sipatana. This was descriptive quantitative research by applying a Pre-experimental One Group Pretest-Posttest design. Moreover, the sampling carries out by employing saturation sampling, meaningthat all populations are used as the research samples. Thus, the samples of this research are all students at Grade V as much as 26 students. At the same time, the technique of data collection is done through the test: validity test, reliability test, normality test, and hypothesis test using t-test.
Finding reveals that tcount = 6.07 and ttable = 2.04, thus tcount is higher than ttable ( 6.07>2,04), with the degree of freendom (df) = 28. For the significance level of ƒ‚ = 0,05%, then the result is significant. Therefore, H0 is rejected, and Ha is accepted. In understanding of decimal fraction on students at Grade IV of SDN 89 Siapatana.
Keyword: conceptual understanding, decimal fraction, audio-visual
Download berkas