Penulis / NIM
YULY NAINTI NEFTIA G. H / 151416137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Yuly Nainti Neftia G.H. 2020, Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPA tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 97 Sipatana, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd, Pembimbing II Dr.Sukirman Rahim, S.Pd.,M.Si
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ..."apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 97 Sipatana?ƒƒ‚‚ƒ‚. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPA tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 97 Sipatana. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 29 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki hasil belajar tuntas pada siklus I sebanyak 13 orang siswa dengan presentase 45% , sedangkan pada siklus II sebanyak 24 orang siswa dengan presentase 83%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 97 Sipatana.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar
ABSTRACT
Yuly Nainti Neftia G.H. 2020, Improving Student's Learning Outcomes through Make A Match Cooperative Learning Model in the Subject of Natural Science, Theme 7, Topic: Energy at Grade IV of SDN 97 Sipatana. Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd, and the Co-supervisor is Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si.
The research problem is ƒ..."whether or not the use of make a match cooperative learning model can improve studentƒ¢s learning outcomes on the subject of natural science, theme 7, topic: energy at grade IV of SDN 97 Sipatana." It aims to improve studentƒ¢s learning outcomes through make a match cooperative learning model on the subject of natural scince, theme 7, topic: energy at grade IV of SDN 97 Sipatana. It is a classroom action research. The technique of data collection is through observation, test and documentation. The research subjects are 29 students of grade IV. The findings reveal that student who completed the learning in cycle I is 13 students with percentage of 45%, while in cycle II is 24 students with percentage of 83%. The result in cycle 11 has reached the set success indicator, therefore it can be concluded that the use of make a match cooperative learning model can improve studentƒ¢s Iearmng outcomes on the subject of natural science, theme 7, topic: energy at grade IV of SDN 97 Sipatana.
Keyword: Learning Model, Make a Match Learning Model, Learning Outcomes
Download berkas