Penulis / NIM
RACHMATICA ABDUL KAHAR / 151416139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
RACHMATICA ABDUL KAHAR 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Model Bertukar Pasangan pada Siswa Kelas IV SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd M.Pd Dan Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah ..."Apakah melalui model pembelajaran Bertukar Pasangan kemampuan membaca dongeng pada siswa kelas IV SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo dapat meningkat? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dongeng melalui model Bertukar Pasangan pada siswa kelas IV SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.
Hasil capaian pada observasi awal menunjukan bahwa, dari 20 siswa hanya 5 siswa (25%) siswa termasuk pada kategori mampu membaca dongeng. Pada siklus I pertemuan 1 sebanyak 7 (35%) siswa yang mampu membaca dongeng, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 9 (45%) siswa yang mampu membaca dongeng. Jumlah dan presentase tersebut meningkat pada siklus II pertemuan 1 menjadi 13 (65%) siswa yang mampu membaca dongeng. Kemudian pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan, sebanyak 18 (90%) siswa yang mampu membaca dongeng sedangkan sisanya 2 (10%) siswa yang tidak mampu membaca dongeng. Disimpulkan bahwa kemampuan membaca dongeng melalui model Bertukar Pasangan pada siswa kelas IV SDN 97 Sipatana Meningkat.
Kata Kunci : Membaca Dongeng, Bertukar Pasangan
ABSTRACT
RACHMATICA ABDUL KAHAR, 2020. Improving Reading Ability through switch Partner Model of at Class of IV, SDN 97 Sipatana, Gorontalo City. Skripsi. Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, and the co-supervisor is Dr. Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
The problem statement of this research is whether or not the application of switch partner model can improve the students' reading fairy tale ability at class of IV, SDN 97 Sipatana, Gorontalo City by applying switch partner model. It is a classroom action research that consisted of 2 cycles.
Findings reveal that in pre-observation, only 5 out of 20 students (20%) are able to read fairy tale category. In meeting I of cycle I, 7 students (35%) are able to read fairy tale while it improves to be 9 students (45%) in meeting 2 of cycle I. Then, in meeting I of cycle II, students who are able to read fairy tale are 13 (65%) and improves to be 18 students (90%) in meeting 2 of cycle II. There are 2 remaining students' reading fairy tale ability at class of IV, SDN 97 Sipatana, Gorontalo City can be improved by applying the switch partner model.
Keywords : Reading Fairy Tale, Switch Partner Model
Download berkas