Penulis / NIM
NURAIN PEDJU / 151416145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Nurain Pedju. 2021, Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan model Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 89 Sipatana, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra. Evi Hasim M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui model Picture and Picture kemampuan menulis cerpen siswa di kelas IV SDN 89 Sipatana dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk "Meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 89 Sipatana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, tes, hasil tulisan siswa dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 17 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model Picture and Picture pada siklus I pertemuan 1 sebanyak 4 siswa dalam presentase 23%, pada siklus I pertemuan 2 sebanyak 7 siswa dengan presentase 41%. Sedangkan hasil pada siklus II pertemuan 1 sebanyak 11 siswa dalam presentase 64%, pada siklus II pertemuan 2 sebanyak 15 siswa dengan presentase 88%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Picture and picture kemampuan siswa menulis cerpen di kelas IV SDN 89 Sipatana Kota Gorontalo telah meningkat.
Kata Kunci : Menulis Cerpen, Model Picture and Picture
Download berkas