Penulis / NIM
RAHMAWATI MARDJUN / 151416147
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati Mardjun, 2020. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Apakah melalui permainan kartu kata kemampuan siswa kelas I SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango dalam membaca permulaan meningkat? Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui permainan kartu kata pada siswa kelas I SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian PTK. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 4 tahap yakni : Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Pemantauan dan Evaluasi serta Tahap Analisis dan Refleksi, dengan jumlah 24 Siswa.
Hasil observasi awal menunjukkan siswa membaca permulaan sangat rendah dengan 9 orang siswa yang mampu atau 37,5%, sedangkan siswa yang tidak mampu sebanyak 15 orang atau 62,5%. Pada siklus 1 pertemuan 1 meningkat menjadi 12 siswa dikategorikan mampu dengan persentasi 50% dan yang tidak mampu berjumlah 12 siswa dengan persentasi 50%. Pada siklus 1 pertemuan 2 meningkat menjadi 17 siswa yang dikategorikan mampu dengan persentasi 71% dan yang tidak mampu berjumlah 7 siswa dengan persentasi 29%. Masuk pada siklus 2 pertemuan 1 meningkat menjadi 18 siswa yang dikategorikan mampu dengan persentasi 75% dan yang tidak mampu ada 6 siswa dengan presentasi 25%. Pada siklus 2 pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 22 siswa yang mampu dengan persentasi 92% dan tidak mampu berjumlah 2 siswa dengan persentasi 8%. Dengan demikian maka kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu kata pada siswa kelas I SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango telah menigkat.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Kartu Kata
ABSTRACT
Rahmawati Mardjun, 2020. improving the Students Initial Reading Ability through Words Card Game at Class of I, SDN 13 Kabila, Bone Bolango District.Faculty of Education, Department of Elementary Teacher Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd,M.Pd and the co-supervisor is Dra. Dajani Suleman.
The problem statement of this research is whether or not the application of Words Card Game can improve the students initial reading ability at class of I, SDN 13 Kabila, Bone Bolango District. It aims at improving the students initial reading ability through Words Card Game at Class of I, SDN 13 Kabila, Bone Bolango District. This is a Classroom Action Research implemented on 24 students, and it consists of 4 stages ; preparation, implementation, observation, and evaluation, and analysis and reflection. This techniques of data collection are observation, test, and documentation.
Findings reveal that in initial observation, the students initial reading ability is quite lack proven by only 0 or 37,5% students who have the initial reading ability. In comparison, 15 students or 62,5% are categorized as not able. In meeting 1 of cycle 1, 12 students or 50% are categorized able, and 12 students or 50% are not. In meeting 2 of cycle 2, students who are categorized able, improve to 17 or 71% while 7 or 29% of students are still not able. meanwhile, in meeting 1 of cycle 2, 18, or 75% are able, and the rest 6 students or 25% are still not able. Then, in meeting 2 of cycle, those who are able, improve to 22 students or 92%, and 2 students or 8% remain not to have the initial reading ability.
Keywords : Initial Reading, Word Card
Download berkas