Penulis / NIM
MELINDA ABAS / 151416148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Melinda Abas. 2020, Meningkatkan kemampuan siswa menceritakan pengalaman dengan model Talking Stick pada siswa kelas III SDN 13 Kabila, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum, Pembimbing II Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ..."Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick kemampuan siswa menceritakan pengalaman di kelas III di SDN Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk ..."Meningkatkan kemampuan siswa menceritakan pengalaman dengan model Talking Stick di kelas III di SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 21 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan menceritakan pengalaman dengan menggunakan model Talking Stick pada siklus I pertemuan 1 sebanyak 5 siswa dalam presentase 24 %, pada siklus I pertemuan 2 sebanyak 9 siswa dengan presentase 43%. Sedangkan hasil pada siklus II pertemuan 1 sebanyak 13 siswa dalam presentase 62%, pada siklus II pertemuan 2 sebanyak 18 siswa dengan presentase 86%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Talking Stick kemampuan siswa menceritakan pengalaman di kelas III SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango telah meningkat.
Kata Kunci : Menceritakan Pengalaman, Model Talking Stick
ABSTRACT
Melinda Abas, 2020. Improving Students Ability to Tell Their Experience through Talking Stick Model at Class of III, SDN 13 Kabila, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dra. Dajani Suleman, M.Hum, and the co-supervisor is Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
The problem statement of this research is whether or not the application of the talking Stick model can improve students ability to tell their experience through Talking Stick Model at Class of III, SDN 13 Kabila. It aims at improving students ability to tell their experience through Talking Stick Model at Class of III, SDN 13 Kabila. It applied classroom action research. The subjects of the research were 21 students of class of III.
Findings reveal that only 5 students (24%) in meeting 1 of cycle I who had the ability to tell their experience and improved to 9 students or 43% in meeting 2 of cycle I. Meanwhile, students had ability tell their experience in meeting 1 of cycle II which were 13 students or 62% and improved to 18 students or 86% in meeting 2 of cycle II. The result in cycle II had exceeded the indicator of succes; hence it can be concluded that the application of the talking stick model can improve students ability to tell their experience through Talking stick Model at Class of III, SDN 13 Kabila.
Keywords: Tell Experience, Talking Stick Model
Download berkas