Penulis / NIM
SANTIKA MOWUU / 151416149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Santika Mowuu. 2020, Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Pendek Melalui Media Rekaman Pada Siswa Kelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Pembimbing II Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M,Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui Media Rekaman kemampuan menyimak cerita pendek siswa kelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Pendek Melalui Media Rekaman Pada Siswa Kelas IV SDN 13 Kabila.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 13 Kabila yang berjumlah 20 Siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan menyimak cerita pendek melalui media rekaman pada siklus I pertemuan I sebanyak 5 orang siswa dengan persentase 25% , pada siklus I pertemuan II sebanyak 9 orang siswa dengan persentase 45%, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebanyak 11 orang dengan persentase 55%, pada siklus II pertemuan II sebanyak 18 orang siswa dengan persentase 90%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media rekaman pada siswa kelas IV SDN 13 Kabila meningkat.
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Cerita Pendek, Media Rekaman
ABSTRACT
Santika Mowuu. 2020, Improving Studentsâ Short Story Listening Ability at Class of IV, SDN 13 Kabila, Bone Bolango District through Recording Media. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dra. Dajani Suleman, M.Hum, and the co-supervisor is Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
The problem statement of this research whether or not the application of recording media can improve studentsâ short story listening ability at Class of IV, SDN 13 Kabila, Bone Bolango District. It aims at improving studentsâ short story listening ability at Class of IV, SDN 13 Kabila, Bone Bolango District through Recording Media. It applied classroom action research. The subjects of the research were 20 students at Class of IV, SDN 13 Kabila, Bone Bolango. The techniques of data collection were observation, and documentation.
Finding reveal that only 5 students (25%) in meeting 1 of cycle I who had the ability to listen to the short story and improved to 9 students or 45% in meeting 2 of cycle I. Meanwhile, students had the ability to listen to the short story in meeting 1 of cycle II which were 11 students or 55% and improved to 18 students or 90% in meeting 2 of cycle II. The result in cycle II had exceeded the indicator of success, hence it can be concluded that the application of recording media can improve studentsâ short story listening ability at Class of IV, SDN 13 Kabila, Bone Bolango District.
Keywords: Listening Skill, Short Story, Recording Media.
Download berkas