Penulis / NIM
RISDIYANTO TINO / 151416150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Risdiyanto Tino. 2020, Meningkatkan kemampuan membaca cerita fiksi melalui model Think, Pairs, Share ( TPS ) pada siswa kelas IV SDN 13 Kabila, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum, Pembimbing II Dra. Evi Hasim M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."Apakah dengan menggunakan model Think, Pairs, Share ( TPS ) kemampuan membaca siswa pada cerita fiksi dikelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚. Tujuan penilitian ini adalah untuk ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."Meningkatkan kemampuan membaca siswa pada cerita fiksi dikelas kelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolangoƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚. Model yang digunakan dalam penilitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 18 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan membaca cerita fiksi melalui model Think, Pairs, Share ( TPS ) pada siklusi I pertemuan 1 sebanyak 6 siswa dengan presentase 33%, pada siklus I pertemuan 2 sebanyak 9 siswa dengan presentase 50%. Sedangkan hasil pada siklus II pertemuan 1 sebanyak 13 siswa dalam presentase 72%, pada siklus II pertemuan 2 sebanyak 16 siswa dengan presentase 88%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Think, Pairs, Share ( TPS ) kemampuan siswa membaca cerita fiksi di kelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango telah meningkat.
Kata Kunci : Membaca Cerita Fiksi, Model Think, Pairs, Share (TPS)
ABSRACT
Risdiyanto Tino. 2020, Improving the Ability to Read Fiction through Think, Pairs, Share (TPS) Model on Students at 4th grade of SDN 13 Kabila, Department Of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dra. Dajani Suleman, M.Hum, and the Co Supervisor is Dra. Evi Hasim M.Pd.
Problem statement in this research is ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."whether or not by using TPS Model, the ability of students reading ficition at 4th grade SDN 13 Kabila, Bone Bolango District can be improved?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚. This research aims to ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..." Improve Students Ability In Reading Ficition At 4th Grade SDN 13 Kabila, Bone Bolango Districtƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚. The research applies Classroom Action Approach based learning model. Tecniques collecting data used are observation, test, and documentation. The subject of this research is students at 4th grade by 18 people.
Findings reveal that students who have the ability to read fiction through TPS model at the first meeting obtains 6 students by percentage 33%, at the first cycle in the second meeting obtains 9 students by percentage 50%. While the result at the second cycle in the first meeting obtains 13 students by percentage 72%, at the second cycle in the second meeting obtains 16 students by percentage 88%.; the result in the second cycle has achieved the predetermined succesful indicator, it concludes that by using TPS model, students ability to read fiction at 4th grade SDN 13 Kabila, Bone Bolango District has Increased.
Keyword: Reading Fiction, Think, Pairs, Share (TPS) Model
Download berkas