Penulis / NIM
ERMAN AHMAD / 151416152
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Abstrak
__________________________________________________________
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah menggunakan metode bermain kartu dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas V SDN 04 Paguyaman Pantai? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan bulat melalui metode bermain kartu pada siswa kelas V SDN 04 Paguyaman Pantai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, test, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari total jumlah 9 siswa kelas V yang dikenai tindakan sebanyak 9 siswa, yang mampu sebanyak 5 siswa atau 55.56% dan yang kurang mampu sebanyak 4 siswa atau 44.44%. Dihubungkan dengan indicator keberhasilan penelitian yang menetapkan minimal 75% siswa memperoleh nilai 65 berarti indicator keberhasilan yang ditetapkan belum tercapai. Sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil yang dicapai yaitu dari 9 siswa yang dikenai tindakan, yang mampu sebanyak 9 siswa atau 100% dan yang kurang mampu sebanyak 0 siswa atau 0%. hasil yang dicapai pada siklus II melebihi indikator yang diharapkan, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain kartu dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas V SDN 04 Paguyaman Pantai.
Abstract
_________________________________________________________
Problem statement of this research was, Does the use of playing card method improve the ability to add integers at students of grade V at SDN 04 Paguyaman Pantai? The objective of the research was to improve the ability to add integers through playing card method at student of grade V at SDN 04 Paguyaman Pantai.
The method used in this research was classroom action research. The data were collected through techniques of observation, test, interview, and documentation.
The finding of research found that in cycle I, out of 9 students at grade V that were subjected to action, 5 students or 55.56% were able to add integers while the rest 4 students or 44.44% were not able. Based on the results, the determined indicator of success was not achieved yet due to it required 75% of students to achieved mark 65. Thus, the research continued to cycle II. In this cycle, the results found that 9 students or 100% were able to add integers whereas none of them or 0% was not able and this results has passed the expected indicator so that the research was not continued to the next cycle.
Bsed on the previous results, it could be concluded that the use playing card method could improve the ability to add integers at students of grade V at SDN 04 Paguyaman Pantai.
Download berkas