Penulis / NIM
ZULMIYANTI INCELOGA / 151416153
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Zulmiyanti Inceloga. 2020, Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Kemampuan Menjumlah Pecahan Biasa di Kelas IV SDN 13 Kabila. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam I. Husain S.Ag, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap penjumlahan pecahan biasa kelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap kemampuan menjumlah pecahan biasa di kelas IV SDN 13 Kabila. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest posstest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes : uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan nilai thitung sebesar 3.171 sedangkan ttabel = 1,725. Dengan demikian bahwa thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap kemampuan penjumlahan pecahan biasa pada siswa kelas IV di SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci : Media Visual, Kemampuan Menjumlah, Pecahan Biasa
ABSTRACT
Zulmiyanti Inceloga. 2020, The Effect of Using Visual Media on the Ability to Sum Ordinary Fractions in Grade IV of SDN 13 Kabila. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education. Faculty of Education. State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dra. Martianty Nalole, M.Pd and the co-supervisor is Dr. Rustam I. Husain S.Ag., M.Pd.
The research question of this study is ƒƒ‚‚ƒ..."is there any effects of using visual media on the ability to sum ordinary fractions in grade IV of SDN 13 Kabila, Bone Bolango District?ƒƒ‚‚ƒƒƒ‚‚ƒ. This study aims to determine the effect of using visual media on the ability to sum ordinary fractions in grade IV of SDN 13 Kabila. This research is an experimental research with one group pretest posttest design. The sampling technique applies saturation sampling technique. The samples of this research are 20 students in experimental class. The data collection method is using test: validity test, reliability test, normality test, and hypothesis testing used the t-test.
the result shows that the value of tcount is 3.171, whereas ttable = 1.725. Therefore, tcount is higher than ttable. So that, H0 is rejected, and H1 is accepted. It is concluded that there is an effect of using visual media on the ability to sum ordinary fractions in students grade IV of SDN 13 Kabila Bone Bolango District
Keywords: Visual Media, Ability to sum, OrdinaryFractions
Download berkas