SKRIPSI

Penulis / NIM
SULISTIAN ABDUL KARIM / 151416154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
Sulistian Abdul Karim. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 7 Materi Gaya Di Kelas IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada muatan pelajaran IPA tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai KKM pada muatan pelajaran IPA sebanyak 9 orang siswa dengan presentase 50%. Sedangkan pada siklus II telah mengalami peningkatan sebanyak 15 orang siswa dengan presentase 83%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Sulistian Abdul Karim. 2020. Improving Student Learning Outcomes through the Numbered Head Together Learning Model on the Content of Science Lessons Theme 7 Style Materials in Class IV SDN 47 Hulonthalangi Gorontalo City. Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd and Advisor II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si The formulation of the problem in this study is "Can using the Numbered Head Together learning model improve student learning outcomes in science subject content on theme 7 style material in grade IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo? The research objective is to improve student learning outcomes through the Numbered Head learning model Together on science subject content theme 7 style material in grade IV SDN 47 Hulonthalangi Gorontalo City. The type of research used is classroom action research. Data collection techniques include observation, tests and documentation. Based on the results of the study, data on student learning outcomes in the first cycle who reached the KKM in science subject content were 9 students with a 50% percentage. Whereas in the second cycle there was an increase of 15 students with a percentage of 83%. The conclusion in this study is that using the Numbered Head Together learning model can improve student learning outcomes in grade IV SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011