Penulis / NIM
NURIVANI KHAIRUNISA HIPI / 151416155
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
Abstrak
Nurivani Khairunisa Hipi. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence pada Siswa Kelas V di SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi,Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V di SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas V di SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi.
Pada observasi awal dari 14 orang siswa hanya 5 orang siswa atau 36% yang mampu menulis narasi. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 8 siswa atau 57% yang mampu menulis narasi. Pada siklus II jumlah ini menjadi 86% atau 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentencekemampuan menulis narasi pada siswa kelas V di SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo dapat meningkat.
Kata kunci : Menulis Narasi, Model Concept Sentence.
Abstract
Nurivani Khairunisa Hipi. 2020. Improving the Narration Writing Skill through Concept Sentence Learning Model on Grade V Students of SDN 11 Bongomeme, Gorontalo District. Skripsi, Department of Elementary Teacher Education, Fakulty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, and the co-supervisor is Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
The problem statement of this research is ƒ..."Can the use of Concept Sentence learning model improve the narration writing skill of grade V students of SDN 11 Bongomeme, Gorontalo District?ƒ‚. The research aims at improving the narration writing skill by using concept sentence learning model at grade V students of SDN 11 Bongomeme, Gorontalo District. It is a classroom action research. The techniques of data collection are test, observation, and documentation.
The results in the initial observation found only 5 out of 14 students or 36% that are able to write narration. Then, in cycle I, the number of students who are able to write narration increases to be 8 students or 57%. In cycle II, the number increases more to be 12 students or 86%. Hence, it can be concluded that the use of Concept Sentence learning model can improve the narration writing skill at grade V students of SDN 11 Bongomeme, Gorontalo District.
Keywords: Narration Writing, Concept Sentence Model
Download berkas