Penulis / NIM
OLGADIANA PAPUTUNGAN / 151416159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Paputungan Olgadiana. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Media Gambar Berseri di Kelas III SDN Ilomata, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd Dan Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui media gambar berseri kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas III SDN Ilomata akan meningkat?Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek melalui media gambar berseri di Kelas III SDN Ilomata.Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.
Hasil capaian pada observasi awal menunjukan bahwa, dari 20 siswa hanya 5 siswa (25%) siswa termasuk pada kategori mampu dalam menulis cerpen melalui media gambar berseri. Pada Siklus I pertemuan 1 sebanyak 7 (35%) siswa yang mampu menulis cerpen melalui media gambar berseri, pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 13 (65%) siswa yang mampu menulis cerpen melalui media gambar berseri. Jumlah dan presentse tersebut meningkat pada siklus II pertemuan 1 menjadi 16 (80%) siswa yang mampu menulis cerpen melalui media gambar berseri. Kemudian pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan, sebanyak 18 (90%) siswa yang mampu menulis cerpen melalui media gambar berseri sedangkan sisanya 2 orang (10%) siswa yang tidak mampu menulis cerpen melalui media gambar berseri. Disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen melaluimodelmediagambar berseripadasiswakelas III SDN Ilomata meningkat.
Kata Kunci: Cerpen, Gambar Berseri
Download berkas