Penulis / NIM
YUSNITA UNO / 151416160
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Yusnita Uno. 2020."Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Model Time Token Pada Siswa Kelas IV di SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontaloƒ. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui model Time Token dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas IV SDN 11 Bongomemeƒ. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui model Time Token di kelas IV SDN 11 Bongomeme. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi.
Pada observasi awal dari 17 jumlah siswa hanya 3 siswa atau 18% yang mampu berbicara. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 9 siswa 53% yang mampu berbicara. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 15 orang siswa atau 88% yang mampu berbicara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model time token dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo
Kata Kunci: Berbicara,Time token
ABSTRACT
Yusnita Uno, 2020. ƒ..."Improving Studentƒ¢s Speaking Skill through Time Token Model at Grade IV in SDN 11 Bongomeme, Gorontalo District.ƒ‚ Skripsi, Department of Elementary Teacher Education, Faculity of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd., and the Cosupervsor is Dra. Salma Halidu S.Pd., M.Pd.
The research problem is ƒ..."can time token model improve studentƒ¢s speaking skill at grade IV in SDN 11 Bongomeme, Gorontalo District?ƒ‚. The research applied 2 cycles. The teachnique of data collection comprised test, observation, and documentation.
The result in initial observation showed that out of 17 students, there were 3 or 18% of students who were able to speak. In addition, it improved in cycle I where there were 9 students or 53% who were able to speak. Then, the number improved to 15 or 88% of students who were able to speak in cycle II. Based on the previous findings, it could be concluded that the time token model could improve studentĢs speaking skill at grade IV in SDN 11 Bongomeme Gorontalo Distrct.
Keywords : Speaking, Time Token
Download berkas