Penulis / NIM
NURHAYATI PAULUTU / 151416162
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Paulutu. 2021. deskriptif Kemampuan Menulis Menggunakan Permainan Bisik Berantai di SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Bimbingan I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Bimbingan II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Adapun rumusan masalah dalam penelitan ini adalah bagaimana deskriptif kemampuan menulis? Sesuai dengan rumusan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis menggunakan permainan bisik berantai pada siswa kelas III SDN 13 Kabila Kabupaten. Bone Bolango. Motede yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Motede ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyajian data terhadap kemampuan menulis menggunakan permainan bisik berantai pada siswa kelas III SDN 13 Kabila Kabupaten. Bone Bolango.
Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan di simpulkannya bahwa dengan permainan bisik berantai dapat meningkatkan antusias siswa dalam menulis. Siswa termotivasi dengan permainan bisik berantai, karena permainan ini merupakan permainan yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Terbukti siswa yang mampu ada 19 orang atau 86,36% sedangkan yang tidak mampu ada 3 orang atau 13,64%. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan bisik berantai dapat meningkatkan antusias siswa dalam menulis. Siswa termotivasi dengan permainan bisik berantai, karena permainan ini merupakan permainan yang menyenangkan dan membuat siswa lebih aktif belajar.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Permainan Bisik Berantai
Download berkas