Penulis / NIM
NUR'AIN BAHSOAN / 151416163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Nurâain Bahsoan. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Kecepatan, Debit, dan Skala di Kelas V Sekolah Dasar Se-Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Asni Ilham, M.Si.
Masalah dalam penelitian meliputi (1) Bagaimana kondisi awal perangkat pembelajaran pada materi kecepatan, debit, dan skala di kelas V sekolah dasar se-kabupaten gorontalo? (2) Bagaiman pengembangan perangkat pembelajaran berbasis HOTS pada materi kecepatan, debit, dan skala di kelas V sekolah dasar se-kabupaten gorontalo? penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kondisi awal perangkat pembelajaran pada materi kecepatan, debit, dan skala di kelas V sekolah dasar se-kabupaten gorontalo (2) untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis HOTS pada materi kecepatan, debit, dan skala di kelas V sekolah dasar se-kabupaten gorontalo. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan desain penelitian oleh Sugiyono.Subjek dalam penelitian ini salah satu sekolah yang berada di kabupaten gorontalo yaitu MI Almourky. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan temuan awal kondisi objektif bahwa belum mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis HOTS. Sehingga peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis HOTS berupa RPP, Bahan ajar, LKPD, dan Evaluasi. Langkah awal yang peneliti lakukan terlebih dahulu merancang pemetaan kombinasi dimensi pengetahuan dan proses berpikir dimana pemetaan ini berisi penentuan dimensi kata kerja operasional ranah kognitif yang mencakup LOTS (C1-C3) dan HOTS (C4-C6) serta dimensi pengetahuan (Faktual, Konseptual, Prosudural, dan Metakognitif). kemudian peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, Bahan Ajar, LKPD dan Evaluasi. Tahap penelitian terdiri dari sepuluh tahap, namun peneliti membatasi sampai pada lima tahap yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain dan (5) revisi desain. Perangakat pembelajaran berbasis HOTS yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh tiga validator yakni ahli konten, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil rekapitulasi skor validasi dari tiga validator memperoleh skor keseluruhan 91,69. Sesuai hasil validasi dilakukan revisi yang menghasilkan produk yang masih dalam bentuk konseptual. Berdasar produk konseptual hasil penelitian maka disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Kecepatan, Debit dan Skala di Kelas V Sekolah Dasar Se-Kabupaten Gorontalo yang dikembangkan valid serta dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS Kecepatan, Debit, dan Skala
Download berkas