Penulis / NIM
WINDY ANGGRAINY KAOE / 151416164
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Kaoe.Windy A.2020 meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inquiry pada muatan pelajaran ipa tema 7 dikelas V sdn 43hulonthalangi kota gorontalo, skripsi jurusan PGSD fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo pembimbing I Dr. Irvin Novita arifin. S.Pd,M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh , S.Pd,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang materi suhu dan wujud benda dikelas V SDN 43 hulonthalangi kota gorontalo
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi suhu dan perubahan kalor di kelas V SDN 43 Hulonthalangi kota gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 22 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ." Jika guru menggunakan model pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPA suhu dan perpindahan kalor , maka hasil belajar siswa kelas V sdn 43 hulonthalangi kota gorontalo akan meningkat . Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 7 siswa dengan presentase 35% sedangkan siklus II telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 22 siswa dengan presentase 86 % dengan demikian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V sdn 43 hulonthalangi kota gorontalo .
Kata kunci : hasil belajar. Suhu dan perpindahan kalor , model pembelajaran inquiry
Download berkas