Penulis / NIM
WIDYAWATI ULIATI / 151416165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Widyawati Uliati.2020.Meningkatkan Kemampuan berbicara melalui model cooperative script pada siswa kelas V SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah dengan Model Cooperative Script kemampuan berbicara siswa meningkat di kelas V SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui Model Cooperative Script pada siswa kelas V SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan, penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam dua siklus dengan tehnik mengumpulkan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil observasi awal kemampuan berbicara sebanyak 5 siswa atau sebesar 36 % dari 14 siswa. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 7 siswa atau sebesar 50%. Pada siklus II jumlah ini menjadi 86% atau 12 siswa. Disimpulkan penggunaan Model Cooperative Script dalam kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Berbicara, Cooperative Script
ABSTRACT
Widyawati Uliati. 2020. Improving StudentĢs Speaking Skill through Cooperative Script at Grade V of SDN 11 Bongomeme, Gorontalo District.Skripsi. Departement of elementary School Teacher Education, Faculty of Education. State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd., and the Co-supervisior is Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
The research problem is whether or not cooperative script can improve studentƒ¢s speaking skill at grade V of SDN 11 Bongomeme, Gorontalodistrictƒ‚. It aims to improve studentƒ¢s speaking skill through the cooperative script model at grade V of SDN 11 Bongomeme, Gorontalo District. The reseach method is a classroom action research, wich is applied in two cycles. The technique of data collection includes tes, observation, and documentation.
The initial observation reveals that 5 students or 36% out of 14 students have speaking skill. In cycle I, it improvers to 7 students or 50% in cycle II, the number improves to 12 students or 86%. The conclusion is cooperative script can improve studentĢs speaking skill at grade V of SDN 11 Bongomeme, Gorontalo disctrict
Keywords : Speaking, Cooperative Script
Download berkas