Penulis / NIM
SRIWIDYAWATI ISMAIL / 151416168
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Sriwidyawati Ismail. 2020 . Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Pada Siswa Kelas IV SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Salma Halidu, M.Pd. Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."Apakah penggunaan Media Gambar Seri dapat pengaruh terhadap Keterampilan Menulis Karangan Cerita Fiksi pada siswa kelas IV SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri dalam memfasilitasi pembelajaran keterampilan menulis karangan cerita fiksi di kelas IV SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 25 orang.
Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 40,2 dan nilai rata-rata posttest sebesar 75,4. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 15,94 > 2,063 pada taraf 0,05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Pada Siswa.
Kata kunci: Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis Cerita Fiksi
Abstract
Sriwidyawati Ismail. 2020 . The effect of the Use of Serial Image Media on Fiction Writing Skills on Grade IV Students of SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Educational Sciences, Gorontalo State University. Pembimbing I Dra Salma Halidu, M.Pd. Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd,M.Pd.
The formulation of the problem in the study is "Can the use of Serial Image Media affect the Writing Skills of Fictional Essays in grade IV students of SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo?". The purpose of this research is to find out the influence of the use of series image media in facilitating the learning of fiction writing skills in grade IV SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo. The model used in this study is a quantitative approach method of experimentation with the design of one group prettest-posttest desingn. This research uses data collection techniques through study results tests and documentation. The sample of this study was 25 grade IV students.
The average pretest score was 40.2 and the posttest average was 75.4. The results of the study were reinforced by the results of the t test which stated that thitung > ttabel, which is 15.94 > 2.063 at a level of 0.05. In this case it can be concluded that the results of this study show that there is an Influence of The Use of Serial Image Media On The Skill of Writing Fiction Stories In Students.
Keywords: Media Picture Series, Fiction Story Writing Skills
Download berkas