Penulis / NIM
FILDA M. FA'U / 151416172
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
FILDA M. FA'U, 2021. Pengaruh Model Make A match Terhadap Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas 1 SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh model make a match terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Adapun tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh model make a match terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh , artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 20 sisiwa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes: uji validitas, uji reliabilitas , uji normalitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan t (hitung ) = 4,79 dan t tabel = 2,08 t_(hitung ) lebih besar dari t_(tabel ) ( 4,79 > 2,08 ) dengan derajat kebebasan (db) = 19. untuk taraf signifikan a = 0,05%, maka hasilnya signifikan. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Make A Match terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Make A Match, hasil belajar, penjumlahan, bilangan cacah
Download berkas