Penulis / NIM
FITRIYANI KASIM / 151416176
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Fitriyani kasim, 2020. Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN 2 Batudaa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd, dan dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd,M.Pd.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Deskriptif. Masalah dalam penelitian ini adalah ƒ..."Apakah terdapat pengaruh penggunaan medi konkret terhadap hasil belajar penjumlahan pecahan sederhana pada siswa kelas V SDN 2 Batudaaƒ‚. Adapun tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar penjumlahan pecahan sederhana pada siswa kelas V SDN 2 Batudaa. Penelitian ini merupakan Desain penelitian Pre-experimental One Group Pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes : uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian diperoleh = 5,03 dan = 2.08 pada derajat kebebasan (db) = 19 dan tingkat signifikan ƒ‚ = 0,05%. Dengan demikian, ƒ maka hasilnya signifikan. Sehingga ditolak dan diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar penjumlahan pecahan sederhana pada siswa kelas V SDN 2 Batudaa.
Kata Kunci : Media Konkret, hasil belajar, penjumlahan, pecahan sederhana.
Download berkas